Manfaat Vitamin K bagi Tubuh, Konsumsinya Jangan Berlebihan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi Seledri. organicfacts.net

Ilustrasi Seledri. organicfacts.net

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita mungkin sudah memahami manfaat vitamin A, B, C, dan D buat kesehatan. Tapi mungkin masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya manfaat vitamin K dan apa pula vitamin K1 dan K2 itu.

Seperti dilansir India Times, vitamin K1 bisa didapat dari sayuran daun hijau sedangkan K2 dari makanan hasil fermentasi. Apa manfaatnya?

Baca juga:
Manfaat Vitamin C untuk Kulit Bukan Cuma Mencerahkan

#Vitamin K1 membantu membentuk protein dan sangat penting untuk mengentalkan darah dan menghentikan pendarahan. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan mudahnya terjadi pendarahan.

#Bila dikombinasikan dengan vitamin D, K1 akan membantu penyerapan kalsium yang lebih baik dan membuat tulang lebih kuat.

#Berdasarkan penelitian sebelumnya, vitamin K1 juga bisa membantu mengatasi penyakit Alzheimer dan kanker prostat.

Ilustrasi asparagus. Simplyrecipes

Apa sumbernya?
Bumbu dapur seperti daun basil, sage, thyme, seledri mengandung vitamin K dan mudah ditanam di sudut halaman. Vitamin ini juga bisa didapat dari selada merah, asparagus, oyong, acar, kedelai, minyak zaitun, dan buah kering.

Amankah suplemen vitamin K dikonsumsi?
Konsumsi suplemen tidak dianjurkan tanpa saran dokter karena bila berlebihan justru akan menjadi racun. Lebih baik dapatkan vitamin K dari sumber yang alami dan pola makan yang baik.

Siapa yang tak boleh mengasup vitamin K?
Mereka yang punya riwayat stroke, masalah jantung, atau mudah mengalami penggumpalan darah lebih baik jangan mengasup vitamin K2 kecuali atas saran dokter.

Artikel lain:
Dokter Ungkap Pentingnya Vitamin C buat Tubuh

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."