3 Cara Atasi Hiperhidrosis, Perbanyak Pakaian Katun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berkaus hitam. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berkaus hitam. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hiperhidrosis merupakan kondisi keringat berlebih yang terjadi akibat kelenjar-kelenjar keringat terlalu aktif. Keadaan ini dapat muncul pada seluruh tubuh maupun bagian-bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat saja (seperti, telapak tangan, telapak kaki, ketiak, maupun selangkangan).

Keringat berlebihan pada penderita hiperhidrosis bisa saja memicu berbagai dampak lain. Mulai dari iritasi kulit, enggan melakukan kontak fisik, sulit tampil di depan publik, hingga rentan mengalami depresi. Untuk mencegah beragam dampak buruk itu terjadi, ada baiknya mengulik cara atasi telapak tangan yang berkeringat atau hiperhidrosis dengan berbagai cara berikut:

1. Gunakan antiperspirant

Produk ini dimaksudkan untuk mengurangi keringat dengan cara sedikit menyumbat pori-pori di area tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat. Jangan hanya menggunakannya di ketiak. Bila telapak tangan berkeringat banyak, antiperspirant juga bisa dioleskan pada telapak tangan, bahkan telapak kaki.

2. Jauhi pemicu keringat

Langkah ini bisa Anda lakukan dari memilih bahan pakaian secara cermat, serta menghindari bahan yang tebal atau bahan sintetik yang umumnya panas dan tidak menyerap keringat.

Pilihlah bahan pakaian yang cukup tipis dan mudah menyerap keringat, seperti katun. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti saat beraktivitas, serta beberapa lembar saputangan bagi pengidap telapak tangan berkeringat.

Selain pakaian, makanan pemicu keringat berlebih pun sebaiknya Anda jauhi. Misalnya, makanan pedas dan panas, maupun yang mengandung alkohol.

3. Atasi stres

Bila telapak tangan Anda sering berkeringat karena rasa gugup, cemas, atau tekanan stres, carilah jalan untuk mengatasi stres dengan tepat. Anda bisa memanjakan diri melalui hobi dan aktivitas kegemaran Anda, maupun melakukan teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, serta taichi.

Bila telapak tangan berkeringat terus mendera meski Anda telah melakukan langkah-langkah sederhana di atas, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih komprehensif.

Anda dapat meminta tolong pada dokter untuk menyuntikkan botoks pada bagian tubuh dengan keringat berlebih. Selain untuk mengatasi keriput, botoks juga digunakan untuk mencegah kelenjar keringat yang terlalu aktif dan hasilnya bisa bertahan hingga setahun. 

Telapak tangan berkeringat memang jadi masalah bagi penderitanya. Tapi Anda tidak perlu panik karena kondisi ini biasanya bukan disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius, apalagi penyakit jantung.

Jika Anda masih ragu, periksakan kondisi keringat berlebih Anda ke dokter. Melalui langkah ini, penyebab sebenarnya bisa diketahui dengan pasti dan pengobatan dapat diperoleh dengan tepat.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."