Pilih Jenis Makanan yang Seperti Ini Setelah Renang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berenang. thecelebrityauction.co

Ilustrasi wanita berenang. thecelebrityauction.co

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai berenang, kita kerap mencari makanan untuk mengisi kembali tenaga yang telah terkuras di kolam renang. Namun jangan asal pilih juga, sebab ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih makanan usai berenang. Agar manfaat dari olahraga renang tidak menjadi sia-sia.

Menurut Cindy Dallow, ahli diet dan pelatih triathlon bersertifikat, yang perlu Anda makan adalah campuran karbohidrat dan protein tertentu. "Hal terbaik untuk dimakan setelah berolahraga keras adalah sesuatu yang memiliki rasio 4: 1 antara karbohidrat dan protein," ucap Cindy Dallow seperti dilansir dari laman Pop Sugar.

Jumlah karbohidrat yang lebih banyak dari protein sangat penting diperhatikan setelah Anda pulih dari latihan kardio seperti berenang. Jika latihan itu sulit, Anda mungkin menghabiskan simpanan glikogen atau glukosa, yang didapat tubuh dari karbohidrat. Makan karbohidrat akan membantu Anda mengisi kembali dan mengembalikan tingkat energi Anda.

Sementara itu, Anda juga membutuhkan protein, untuk memperbaiki dan memelihara jaringan otot Anda. "Banyak atlet berlebihan protein setelah latihan dan karbohidrat yang kurang," ujarnya. "Keduanya perlu."

Cindy Dallow memberikan beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi usai berenang, seperti:

  • Smoothie buah dengan bubuk protein dan / atau yogurt Yunani
  • Snack bar yang mengandung almond dan berkarbohidrat tinggi
  • Bagel dengan mentega almond
  • Yogurt dan buah segar
  • Kue beras dengan mentega almond dan pisang

Secara umum, Cindy Dallow menyarankan untuk memilih makanan yang padat gizi, dengan jumlah karbohidrat dan protein yang tepat. Tetapi bagaimana jika Anda mencoba menurunkan berat badan? "Hal utama adalah untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori setelah latihan," kata Cindy.

Pilih camilan dengan rasio yang tepat, tetapi jangan berlebihan. Setelah makan, duduk selama beberapa menit, dan jika Anda masih kelaparan, ambil camilan sehat dan memuaskan.

Cindy Dallow mengingatkan agar makan satu jam usai renang. Pengisian ulang asupan yang cepat akan mempercepat pemulihan otot Anda dan membangun kembali simpanan glikogen Anda dengan cepat. Pengaturan waktu, karbohidrat, dan protein bersama-sama menambah tingkat energi dan kekuatan otot Anda.

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."