Muncul Stretch Mark Saat Hamil dan Kiat Menghilangkannya

Ilustrasi stretch mark. huffingtonpost.co.uk

kesehatan

Muncul Stretch Mark Saat Hamil dan Kiat Menghilangkannya

Kamis, 15 Februari 2018 10:30 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu hamil dan melahirkan mengalami perubahan pada tubuh, tak terkecuali bagian kulit. Kulit yang semula kancang akan tertarik selama masa kehamilan dan tiba-tiba mengempis setelah melahirkan.

Salah satu masalah kulit yang dihadapi ibu hamil dan melahirkan adalah munculnya guratan berwarna putih atau coklat di beberapa bagian tubuh atau biasa disebut stretch mark. Dokter kulit Kevin A Maharis mengatakan, stretch mark pada ibu hamil biasanya muncul di perut bagian bawah, paha, dan pinggang.

Kevin menjelaskan, penyebab utama munculnya stretch mark adalah perubahan berat badan secara drastis, dan ini wajar terjadi pada ibu hamil. Namun setelah melahirkan, ibu biasanya akan lebih fokus merawat bayi ketimbang tubuhnya sendiri, sehingga stretch mark tak kunjung hilang.

Ilustrasi stretch marks. beautyandmakeup.net

“Stretch mark merupakan perubahan biologis karena faktor hormon dan perubahan pada berat badan. Alasan lainnya terjadi inflamasi kulit, dan biasanya terlihat pada area perut, paha, dan pinggang,” tutur Kevin A Maharis di Balai Resital Kertanegara, Jakarta Selatan.

Sebelum stretch mark meluas dan tampak jelas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Ketika hamil, rajin-rajinlah memakai pelembap dengan kadar minyak yang tinggi dan gunakan lebih sering ketika masuk trisemester kedua atau sebelum perut mulai membesar. Cara mengusapkan pelembap juga harus perlahan untuk mengurangi gesekan pada kulit karena saat itu posisi kulit meregang.

Ilustrasi stretch marks. momjunction.com

Selain memakai pelembap, ibu juga bisa mengatasi stretch mark dengan memakai krim yang mengandung vitamin A. Namun, sebelum menggunakan produk apapun, disarankan berkonsultasi ke dokter untuk memastikan keamanannya. Ada lagi kiat sederhana untuk mengurangi stretch mark, yakni hati-hati dalam memakai handuk.

Dokter Kevin A Maharis menjelaskan gesekan handuk dengan kulit yang terlalu kasar juga bisa memicu munculnya stretch mark. "Kalau perut atau ada bagian tubuh yang terasa gatal saat hamil, jangan tergoda untuk menggaruknya," ucapnya.