Atasi Demam Anak dengan Jahe dan 6 Penurun Panas Alami Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi jahe. Boldsky.com

Ilustrasi jahe. Boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Demam kerap terjadi pada anak-anak. Umumnya itu terjadi ketika suhu tubuh anak berada di atas normal atau lebih dari 37? Lalu, diikuti oleh beberapa gejala, seperti panas, sakit kepala, berkeringat dingin, hingga menggigil.

Sebagai upaya menurunkan panas akibat demam, biasanya anak akan diberikan obat ibuprofen atau acetaminophen. Tapi sebelum menggunakan obat tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan penurun panas alami yang juga dikenal ampuh menurunkan panas pada anak.

1. Jahe

Jahe sudah dikenal bisa mengatasi berbagai penyakit. Sifat antibakteri jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lainnya. Anda dapat memberi anak teh jahe atau membuatkan minuman hangat dengan irisan jahe.

Minuman jahe hangat bisa membuat anak berkeringat, serta membantu menghilangkan panas dan racun pada tubuh. Tak hanya menyehatkan, minuman jahe juga enak untuk dikonsumsi apalagi jika ditambah dengan madu.

2. Teh echinacea 

Meski mungkin terdengar asing, namun echinacea ternyata telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat untuk berbagai penyakit. Ketika anak mengalami demam, Anda dapat memberi mereka teh yang mengandung echinacea.

Teh echinacea mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda. Selain itu, teh ini juga bisa membantu melawan infeksi dan menghilangkan demam secara lebih cepat.

3. Bawang merah

Bawang merah bukan hanya menjadi bumbu utama dalam memasak, namun juga bisa digunakan sebagai obat. Bawang merah dapat membantu mengurangi suhu tubuh yang panas serta mengurangi rasa sakit pada tubuh selama demam.

Untuk menurunkan panas akibat demam pada anak, Anda dapat mengiris bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Lalu, balurkan pada tubuh anak sebanyak dua kali sehari. Jika rutin dilakukan, panas anak akan segera turun dan bisa cepat pulih kembali.

4. Teh kamomil

Teh kamomil merupakan obat alami yang baik digunakan saat demam. Anda bisa membeli kamomil di toko obat herbal. Untuk cara penggunaannya, rebus air dan rendam daun teh kamomil selama satu menit.

Lalu, tambahkan madu ke dalamnya. Setelah jadi, berikan secangkir teh tersebut pada anak Anda sebanyak dua kali sehari. Biasanya tidak ada perubahan rasa yang terjadi pada teh kamomil sehingga anak dapat menikmatinya. Teh herbal ini mampu mengurangi demam anak sehingga bisa cepat pulih.

5. Lemon dan madu

Lemon yang dikombinasikan dengan madu efektif dalam mengurangi demam karena dapat memperkuat kekebalan tubuh. Anda dapat menambahkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm jus lemon. Kemudian, campur kedua bahan tersebut dengan baik, dan berikan pada anak Anda.

Campuran ini dapat membantu menurunkan demam anak. Bukan hanya itu, kombinasi lemon dan madu juga terasa enak dan menyegarkan tubuh. Anda pun bisa mendapatkan keduanya dengan mudah.

6. Air kelapa

Minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk menyegarkan tubuh. Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa menjadikannya sebagai cara yang efektif untuk tetap terhidrasi ketika demam sehingga tubuh dapat segera pulih.

7. Peppermint

Peppermint dikenal dengan sifatnya yang dapat mendinginkan karena kandungan mentol yang tinggi. Anda dapat memberi anak teh peppermint hangat. Mengonsumsi minuman yang hangat dapat membantu tubuh anak menjadi lebih banyak berkeringat sehingga dapat menurunkan panasnya.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."