Jangan Sembarang Minum Air Jahe, Perhatikan Dulu Kondisi Ini

Ilustrasi air jahe. (Unsplash.com/Dominik Martin)

kesehatan

Jangan Sembarang Minum Air Jahe, Perhatikan Dulu Kondisi Ini

Jumat, 21 Juni 2019 10:10 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum air jahe menjadi kegemaran banyak orang dan mereka menilainya aman-aman saja. Namun, mungkin ada beberapa situasi yang mengharuskan seseorang berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu saat meminumnya.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health di Amerika Serikat, ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe dapat mengganggu obat pengencer darah. Meskipun penelitian tidak dapat menyimpulkan hal ini, orang yang mengonsumsi pengencer darah harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air jahe.

Baca juga:5 Khasiat Air Jahe Mengurangi Mual dan Risiko Penyakit KronisMinum Air Jahe, Menghangatkan dan Bermanfaat buat Tubuh

Perlu diingat, minum air jahe secara berlebihan dapat mengalami efek samping ringan, yakni sakit perut, diare, dan mulas. Sebuah penelitian menggunakan data dari 1.020 wanita, yang meninjau keamanan jahe selama kehamilan. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi jahe selama kehamilan untuk mengobati mual dan muntah tidak meningkatkan risiko kelahiran prematur, malformasi kelahiran.

Namun, meskipun tidak ada penelitian yang menyimpulkan bahwa jahe menyebabkan bahaya pada kehamilan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum minum air jahe saat hamil. Demikian seperti dilansir Medical News Today.