Resep Membuat Susu Almond di Rumah

Reporter: Cantika.com
Editor: Silvy Riana Putri
Minggu, 4 Agustus 2019 08:15 WIB
Resep Membuat Susu Almond di Rumah

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat kacang almond sudah dikenal di bidang kesehatan dan kecantikan. Tak hanya ampuh sebagai camilan sehat untuk kesehatan jantung dan aman bagi penderita diabetes, manjur pula untuk menjaga elastisitas kulit wajah. Agar bervariasi asupan dari kacang almond, Anda bisa membuat susu almond di rumah.

Melansir situs The Kitchn, resep membuat susu almond nampak cukup praktis, tidak memerlukan banyak bahan dan langkah dalam pembuatannya. Terlebih lagi, di dalam segelas susu almond terkandung beragam gizi yang cocok dijadikan pilihan minuman saat sarapan.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir kacang almond belum dikupas, lebih baik lagi organik
  • 2 gelas air beserta air untuk merendam kacang almond
  • Pemanis seperti madu, gula, sirup agave atau sirup maple (opsional)

Peralatan:

  • Mangkuk
  • Saringan kain
  • Gelas pengukur
  • Blender atau food processor
  • Kain tipis untuk penutup
  • Spatula

Cara pembuatan:

  1. Rendam kacang almond selama satu hingga dua malam. Taruh di dalam mangkuk dengan batas air rendaman hingga menutupi seluruh kacang almond. Lalu tutup mangkuk dengan kain tipis. Tujuan merendam kacang almond untuk mendapatkan tekstur creamy pada susu.
  2. Buang air rendaman, kemudian bilas dengan air dingin yang mengalir.
  3. Masukkan kacang almond yang sudah dibilas bersih, dua gelas air, dan pemanis yang opsional ke dalam blender atau food processor. Pilih nomor kekuatan tertinggi. Hentikan mesin sebanyak satu kali untuk menyempurnakan campuran dengan spatula. Untuk blender dibutuhkan waktu dua menit, sementara food processor selama 4 menit. Tanda campuran telah sempurna tidak ada lagi gumpalan, air berwarna putih dan buram.
  4. Selesai dari blender atau food processor, tuang susu ke gelas pengukur dengan saringan kain. Kemudian peras sisa campuran susu almond yang masih ada di saringan. Pastikan tangan Anda dalam kondisi bersih.
  5. Cicipi susu almond. Bila ingin lebih manis, tambahkan pemanis secukupnya.

Hasil: 2 gelas

Cara penyimpanan: Disarankan susu almond disimpan dalam wadah tertutup di lemari es. Maksimum dikonsumsi hingga dua hari.

Kandungan gizi: Untuk segelas susu almond mengandung Kalori 207 kal, Lemak 17,8 gram, Karbohidrat 7,7 gram, Serat 4,5 gram, Protein 7,6 gram, Sodium 5,1 miligram, gula 1,6 gram, Lemak jenuh 1,4 gram.