Tips Wisata ke Kebun Binatang Saat Membawa Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi berjalan-jalan dengan anak-anak dan cemilan. Shutterstock.com

Ilustrasi berjalan-jalan dengan anak-anak dan cemilan. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kebun binatang menjadi destinasi wisata alternatif bagi keluarga. Terutama untuk mengenalkan beragam binatang kepada anak. Bila berencana pergi di akhir pekan ini, ada baiknya intip tips saat membawa anak ke kebun binatang. Selain alasan kesehatan, juga untuk menjaga keamanan keluarga.

Humas Kebun Binatang Bali Zoo, Emma Kristina Chandra menyebutkan, hal penting yang perlu dibawa selama berkunjung ke kebun binatang, namun paling sering dilupakan pengunjung adalah menggunakan krim anti nyamuk. 
 
“Ini penting terutama untuk anak-anak, karena selama berjam-jam menjelajah kebun bintang pasti ada saja nyamuk. Agar lebih nyaman saja,” katanya kepada Tempo pada 1 Agustus 2019.
 
Lalu, jangan membawa makanan. Selain itu, kebun-kebun binatang termasuk Bali Zoo, umumnya melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Hal ini untuk mencegah makanan diberikan kepada hewan. Bali Zoo memiliki program memberikan makanan langsung pada hewan, terutama rusa. 
 
“Karena makanan hewan dan manusia berbeda. Ini untuk menjaga kesehatan hewan,” ujarnya. 
 
Selain itu, Emma berharap orangtua selalu mengawasi anaknya dan memperhatikan papan informasi yang ada di setiap titik. “Sering saat kunjungan sekolah, anak terpisah dari orang tua,” katanya.
 
Kunjungan ke kebun binatang sebaiknya dilakukan pagi agar menghindari cuaca panas. Pengunjung nantinya juga bisa mengikuti semua program dan maksimal menikmati fasilitas. 
 
Untuk atraksi dan kegiatan binatang, Emma menyebutkan pengunjung tidak perlu khawatir karena ada dua tipe binatang, yakni diurnal atau aktif siang hari dan nokturnal atau aktif di malam hari, “Seperti singa dan harimau adalah hewan nokturnal,” katanya.
 
Diharapkan juga kepada para ibu agar menghindari sepatu atau sandal dengan hak tinggi. Karena menurut Emma, ada pengunjung yang ingin tampil modis terutama saat difoto menggunakan hak tinggi, “Malah akan menyulitkan untuk menjelajah kebun binatang,” ujarnya.
MADE ARGAWA
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."