Kunci Sukses Makeup Artist Bubah Alfian, Pahami Zodiak Klien

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Jumat, 12 Juli 2019 17:00 WIB
Kunci Sukses Makeup Artist Bubah Alfian, Pahami Zodiak Klien

CANTIKA.COM, Jakarta - Makeup artist salah satu profesi yang kian digemari. Pekerjaan merias wajah sesorang ini tidak hanya membutuhkan kemampuan memoles kuas makeup pada wajah seseorang tapi juga kemampuan sosial.

Makeup artist ternama Bubah Alfian memberikan beberapa tips untuk menjadi seorang penata rias yang berdedikasi. “Pertama jaga hubungan baik dengan kline, mengatur konten instagram, membuat portfolio sebanyak mungkin,” ujarnya saat ditemui di  Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.

Dia mengingat kembali saat awal meniti karier menjadi makeup artist.
“Kalau jaman dulu belum ada Instagram, jadi bawa majalah ke-mana-mana, kerja bikin portfolio sebanyak-banyaknya” ujar Bubah yang menjadi makeup artist sejak tahun 2011.

Keren, Makeup Artist Ini Tunjukkan Hasil Makeup Ilusi Optikal

Makeup Artist (MUA) Bubah Alfian mengenakan Lip Liquids dibibir Bunga Citra Lestari saat peluncuran kosmetik ESQA x BCL Lip Liquids di Jakarta, 25 April 2018. ESQA x BCL Lip Liquids merupakan produk kecantikan lokal hasil kolaborasi founder ESQ Cosmetics, Angelina Cindy dan Kezia Toemion bersama selebritis Bunga Citra Lestari. TEMPO/Nurdiansah

Bubah Alfian juga menjunjung tinggi etika sebagai makeup artist. Misalnya secara teknis tidak boleh menyentuh wajah klien secara langsung. Dia menggunakan sponge untuk mengaplikasikan makeup. Sedangkan untuk menjaga hubungan baik dengan klien, dia berusaha menjaga mood dengan baik. “Etikanya makeup itu tidak hanya bikin cantik tapi juga bagaimana caranya klien bahagia dengan hasil makeup kita, dan mengubah mood jelek jadi happy,” kata Bubah yang pernah merias Bebe Rexha dan Miss Universe Catriona Gray.

Demi menjaga mood kliennya, Bubah Alfian mengaku mempelajari karakter zodiaknya. Cara ini sangat ampuh untuk membangun chemistry dengan klien. Dia mencontohkan, jika zodiaknya Leo biasanya sebelum makeup akan memberikan detail makeup yang diinginkan. “Kalau nggak suka sama makeupnya, di tengah jalan saat makeup dia akan mendekatkan wajahnya ke cermin, kita harus segera bertanya ada yang salah dengan makeup-nya atau ada yang nggak suka?” ujarnya.

Makeup Artist Gigi Hadid Ungkap Teknik Supaya Bulu Mata Lentik

Bubah menambahkan selain Leo, zodiak Virgo juga cukup perfeksionis untuk urusan makeup, sedangkan Aries biasanya ingin tahu detail makeup-nya. Di antara 12 zodiak, menurut pengalaman Bubah Alfian, zodiak yang agak rewel adalah Scorpio. Biasanya karena zodiak Scorpio mudah panik saat wajahnya dirias dalam waktu singkat, dia akan minta makeup-nya diselesaikan lebih cepat. Sedangkan zodiak yang paling santai saat wajahnya saat dirias adalah Gemini.