Bahan Alami untuk Redakan Peradangan Akibat Infeksi Virus Herpes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi Miss V

Ilustrasi Miss V

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Infeksi herpes dapat mengganggu kenyamanan, terutama jika gejala seperti gatal dan rasa panas di kulit mulai muncul. Biasanya infeksi herpes muncul pada salah satu dari kedua area tubuh, yaitu area rongga mulut atau area genital. Herpes yang muncul di area rongga mulut, umumnya disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 1. Sementara itu, herpes yang muncul di area genital, umumnya disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 2.

Baca juga: 5 Penyakit Kelamin yang Sering Alami Wanita

Meski begitu, kedua jenis virus tersebut sama-sama bisa menyebabkan infeksi di area mulut maupun genital. Sehingga, apabila Anda terkena infeksi herpes simplex tipe 2, maka perawatannya pun akan menyesuaikan dengan lokasi kemunculan penyakit tersebut. Tapi perlu diingat, virus herpes, termasuk herpes simplex tipe 2, tidak bisa sepenuhnya hilang dari tubuh. Perawatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala yang dialami, serta mengurangi masa aktif virus tersebut di tubuh.

Sebab itu Anda perlu mengenali terlebih dahulu, gejala herpes simplex tipe 2, seperti muncul rasa gatal, kesemutan, dan panas di kulit. Muncul benjolan-benjolan atau lepuh berisi cairan, yang kemudian akan pecah dan menimbulkan luka. Gejala seperti sedang flu, yaitu demam dan nyeri otot. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher dan pangkal paha. Rasa sakit saat buang air kecil, apabila herpes muncul di area genital. Mata menjadi nyeri, lebih sensitif terhadap cahaya, muncul kotoran mata, dan mata terasa kelilipan terus-menerus.

Apabila mengalami gejala-gejala yang serupa dengan di atas, maka ada kemungkinan Anda terinfeksi virus herpes simplex 2. Segera hubungi dokter, untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut. Anda juga bisa meredakan peradanga, iritasi, serta gejala-gejala lain lainnya, dengan beberapa bahan alami di bawah ini.

#1. Bawang putih
Menggunakan bawang putih untuk meredakan gejala herpes sebenarnya merupakan metode lama. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa bawang putih memiliki kandungan antivirus yang dapat melemahkan virus herpes simplex tipe 1 dan 2. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa mencincang halus satu siung bawang putih dan mencampurkannya dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan campuran tersebut ke luka yang timbul akibat herpes, sebanyak tiga kali sehari.

#2. Air hangat
Kompres air hangat bisa membantu meredakan nyeri, akibat benjolan-benjolan yang timbul di kulit. Kompres ini juga disebutkan bisa meredakan pembengkakan yang terjadi di area infeksi tersebut.

#3. Air dingin
Anda juga dapat menggunakan kompres air dingin atau kompres es batu pada luka-luka yang timbul akibat herpes. Rasa dingin di kulit memang tidak akan menyembuhkan luka tersebut, tapi bisa membantu meredakan rasa nyeri yang timbul.

#4. Tepung jagung
Tepung jagung yang dicampur dengan sedikit air, bisa membantu mengeringkan luka herpes. Anda dapat mengoleskan campuran tersebut dengan kapas, ke area luka.

Selanjutnya... #5. Cuka apel

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."