Mehamami Ciri-ciri Depresi pada Wanita dan Tipenya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi depresi. Shutterstock

Ilustrasi depresi. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berdasarkan data WHO, wanita dua kali lebih rentan mengalami depresi dibandingkan pria. Lebih dari 300 juta orang mengalami depresi, dan meningkat 18 persen mulai dari tahun 2005 hingga 2015. Depresi merupakan sakit mental yang ditandai rasa sedih berkepanjangan dan tidak tertarik pada aktivitas normal apapun selama lebih dari 14 hari. 

Baca juga: Sophie Turner Merasa Depresi selama Syuting Game of Thrones

National Alliance of Mental Illness telah merilis dimensi dari depresi pada wanita, yaitu 1 dari 8 wanita merasakan depresi sepanjang hidupnya, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Ciri-ciri depresi pada wanita ditemukan paling banyak pada wanita paruh baya ras Hispanik. Angka bunuh diri wanita di usia muda (15-24 tahun) tertinggi datang dari wanita Asia-Amerika. 

Mendukung data NAMI tersebut, National Institute of Mental Health mengklasifikasikan beberapa tipe depresi pada wanita.

#1. PMDD (pre-menstrual)
Istilah PMS tentu tidak asing lagi, menandai saat wanita lebih moody dan mudah tersinggung beberapa hari jelang menstruasi. Jika sudah sampai ke tahap parah, yang terjadi adalah Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD). Kondisi ini sangat serius dengan gejala ingin bunuh diri, tidak nafsu makan, mudah marah, merasa sedih, nyeri otot, hingga payudara sensitif.

#2. Perinatal
Siapa bilang kehamilan adalah proses yang mudah? Semua perubahan yang dialami wanita bisa berujung ke depresi perinatal, yang bisa terjadi selama atau setelah kehamilan. Dibandingkan dengan baby blues, depresi perinatal lebih serius hingga membuat penderitanya merasa sedih, cemas, dan lelah luar biasa hingga tak bisa menjalankan tugas sebagai calon ibu atau ibu baru.

#3. Perimenopausal
Periode lain yang juga rentan membuat wanita depresi adalah perimenopausal, yaitu transisi menuju menopause. Di sini, wanita bisa kehilangan ketertarikannya untuk melakukan apapun dan mudah marah. Artinya, wanita lebih rentan mengalami depresi karena fluktuasi hormon yang luar biasa ketika mereka dewasa. Faktornya banyak, mulai dari bagaimana mereka lebih melibatkan perasaan pada setiap hubungan, hingga masa hidup lebih lama yang memicu rasa kesepian.

Untuk membedakan apakah seorang wanita hanya merasakan sedih sementara atau dihantui depresi, berikut ini beberapa ciri-cirinya:

- Terus-menerus merasa sedih, cemas, dan hampa
- Tidak tertarik melakukan aktivitas yang dulunya menyenangkan
- Tidak bisa beristirahat dan sangat sering menangis
- Merasa tidak berguna
- Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
- Nafsu makan hilang atau berlebih
- Tidak berenergi
- Ingin mengakhiri hidup
- Sulit berkonsentrasi atau mengambil keputusan
- Tidak bisa mengendalikan amarah

Jika Anda mengalami atau mengetahui seseorang dengan ciri-ciri depresi pada wanita seperti di atas, beri dukungan penuh dan periksakan pada psikiater. Ketahui faktor biologis, interpersonal, hingga psikologis yang mungkin memicu depresi pada wanita. Dengan berolahraga, meditasi, dan bijak kelola stres bisa menjadi pilihan untuk keluar dari depresi. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."