3 Gejala Kamu Sedang Depresi

Ilustrasi wanita depresi. shutterstock.com

kesehatan

3 Gejala Kamu Sedang Depresi

Rabu, 27 Februari 2019 15:17 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Depresi bisa terjadi karena beberapa faktor, entah berasal dari lingkungan sekitar atau diri sendiri. Depresi juga menjadi salah satu tanda menurunnya kesehatan mental.

Karena itu, depresi perlu penanganan khusus yang melibatkan dokter dan psikolog. Ada beberapa gejala yang sering terlihat dari orang yang mengalami depresi, berikut tiga di antaranya.

Artikel lain:Peneliti Ungkap Kaitan antara Obesitas dan Depresi

Manfaat Kopi Hitam, Cegah Depresi dan Menurunkan Berat Badan

#Menurunnya produktivitasTingkat produktivitas seseorang yang sedang mengalami depresi biasanya semakin hari semakin menurun. Depresi akan mempengaruhi aktivitas yang dikerjakan karena banyaknya hal yang dipikirkan. Penderita juga cenderung kurang fokus dalam mengerjakan sesuatu.

#Menutupi kondisi mental Mereka yang mengalami depresi biasanya mencoba untuk menutupi kondisi mental dengan berpura-pura bahagia di depan banyak orang. Hal itu dilakukan supaya membuat orang lain tidak terganggu dengan kondisi mereka. Jika memiliki teman yang menunjukkan tanda-tanda seperti itu, ada baiknya memberikan ruang untuk mereka atau mengajak bicara agar beban mereka sedikit berkurang.

#Mudah terkena psikosomatikPenyakit seperti migrain, sesak napas, sakit jantung, sering menyerang mereka yang mengalami depresi di waktu yang tidak tentu. Kondisi kesehatan mereka pun akan menjadi semakin tidak stabil. Rasa cemas dan khawatir yang juga sering menyerang akan membuat mereka sulit mengatasinya sendiri dan memunculkan kondisi mental yang disebut psikosomatik atau merasa sakit tertentu.

TEEN