Mengenal Jenis Vitamin Prenatal untuk Masa Kehamilan

Ilustrasi konsumsi vitamin. Shutterstock.com

kesehatan

Mengenal Jenis Vitamin Prenatal untuk Masa Kehamilan

Rabu, 3 Juli 2019 13:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama masa kehamilan, calon ibu disarankan mengkonsumsi makanan bergizi untuk janin yang dikandungnya. Tak semua calon ibu dapat makan apa pun yang mereka bisa makan selama beberapa bulan pertama karena morning sickness atau mual yang cukup parah.

Baca juga: Dampak Buruk pada Janin, Jika Ibu Hamil Minum Alkohol

Beberapa dokter kandungan biasanya memberikan resep vitamin prenatal untuk memenuhi gizi ibu hamil. Vitamin prenatal berisi nutrisi penting yang dibutuhkan bayi Anda untuk tumbuh, seperti terutama magnesium, seng, kalsium, vitamin B dan C, dan folat.

Melansir laman Women's Health, menurut G. Thomas Ruiz, MD dokter spesialis kandungan dan kebidanan di  Pusat Medis Memorial Care Orange Coast di Fountain Valley, California, Amerika Serikat, folat tambahan sangat penting untuk ibu hamil. Ini karena folat terbukti mengurangi cacat tabung saraf pada bayi. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan untuk memenuhi asupan folat sebanyak 400 mikrogram sehari.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kandungan zat besi, jika dalam dosis besar dapat menjadi racun. Ibu hamil membutuhkan 30 hingga 60 miligram zat besi setiap hari, menurut pedoman dari WHO. Sebagian besar vitamin prenatal mengandung zat besi tambahan, jadi selama Anda tetap berpegang pada apa yang ada dalam prenatal harian Anda dan tidak menambah dengan lebih banyak zat besi, Anda akan baik-baik saja. Tapi, jika Anda anemia Anda mungkin perlu lebih banyak zat besi, jadi jangan lupa mendiskusikan kebutuhan pribadi Anda dengan dokter Anda.

Ilustrasi ibu hamil yang bahagia. shutterstock.com

Idealnya Anda harus mulai meminum vitamin prenatal segera setelah Anda mencoba untuk hamil, kata Dr. Ruiz. Dia menambahkan bayi Anda akan membutuhkan nutrisi tambahan itu sejak saat pembuahan, selama kehamilan dan sesudahnya, bahkan selama Anda menyusui.

Jika Anda melihat deretan vitamin di toko obat atau apotik mungkin terlihat membingungkan. Aturan yang paling penting adalah Anda mulai mengonsumsi vitamin dengan setidaknya 400 mikrogram asam folat sedini mungkin, bahkan sebelum konsepsi jika memungkinkan. Anda juga harus mencari opsi yang akan membantu Anda memenuhi jumlah harian yang direkomendasikan yaitu 600 unit vitamin D internasional, 1.000 mg kalsium, dan setidaknya 27 mg zat besi, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG).

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Payudara Sensitif selama Masa Kehamilan

Adapun bahan-bahan lainnya tidak ada aturan khusus. Misalnya biotin, menurut dokter obgyn Wendy Goodall McDonlad, biotin dan banyak dari jumlah mineral lainnya tidak didukung oleh bukti ilmiah ketika sampai pada jumlah yang diperlukan mutlak dalam prenatal. Sesuaikan vitamin prenatal dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda ketika memilih vitamin yang tepat.

h