Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menyeduh Teh Celup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi minuman teh.  Deb Lindsey for The Washington Post via Getty Images

Ilustrasi minuman teh. Deb Lindsey for The Washington Post via Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Teh celup adalah teh untuk diseduh yang sudah dikemas khusus dan menjadi andalan yang ingin menikmati minuman itu tanpa harus repot menakar jumlah yang tepat. Namun, ada beberapa kesalahan yang lazim dilakukan orang saat meminum air dari teh celup.

Menurut pakar teh Ratna Somantri, teh celup sebaiknya dipakai hanya sekali. Bila dikeringkan, kemudian dicelupkan ke teko atau gelas lain yang berisi air panas, besar kemungkinan semua manfaat teh sudah menghilang. "Aroma dan rasa sudah tidak ada atau berkurang, yang tersisa hanya warnanya," ujarnya.

Jika ingin manfaat antioksidan yang terkandung dalam teh, jangan harap bisa mendapatkannya dari kantong teh celup yang sudah dipakai berulang kali.

Baca juga:

Mengenal Teh Kombucha, Minuman Sehat Kekinian ala Kafe
Buka Puasa dengan Es Teh Rasa Campur Aduk, Ini Resepnya

"Kalau mau manfaat maksimal, menyeduhnya harus benar,” jelas Ratna.

Ada orang yang membiarkan teh celup direndam terlalu lama di dalam teko atau gelas. Padahal, proses penyeduhan teh biasanya hanya membutuhkan kisaran dua hingga tiga menit. Bila terlalu lama, teh akan semakin pekat dan membuat tugas ginjal semakin berat.

"Karena terlalu pekat, akhirnya jadi pahit dan merasa harus menambah gula. Padahal beberapa teh lebih enak tanpa gula," katanya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."