Mengenal Teh Kombucha, Minuman Sehat Kekinian ala Kafe

Reporter: Dinda Leo Listy (Kontributor)
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 13 November 2018 09:15 WIB
Mengenal Teh Kombucha, Minuman Sehat Kekinian ala Kafe

CANTIKA.COMKlaten - Menikmati teh bukan cuma menyeduh daun teh dengan air panas. Banyak teknik minum teh yang menghasilkan cita rasa lebih beragam dan tentu bermanfaat buat kesehatan. Salah satu yang menarik adalah teh kombucha. Ini adalah teh yang diolah dengan metode fermentasi layaknya susu atau kopi.

"Teh kombucha adalah minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter kultur kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir)," kata Andreas Leksana saat Tempo bertandang ke kafe Lokal Jajan miliknya di Jalan Bhayangkara, Gang Regulo Nomor 3, Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, pada Kamis, 8 November 2018.

Sebagai produk minuman hasil fermentasi, Andre, begitu dia akrab disapa, mengatakan teh kombucha mengandung sejumlah vitamin, mineral, enzim, dan asam organik. "Teh kombucha punya khasiat sebagai antioksidan, antibakteri, meningkatkan ketahanan tubuh, dan menurunkan tekanan darah," kata alumnus jurusan Biopangan dari Fakultas Teknobiologi Universitas Atmajaya Yogyakarta itu.

Siang itu Andre tampak sibuk dengan sejumlah tabung kaca bertutup kain perca. Di tabung-tabung kaca itulah Andre meramu teh kombucha, salah satu menu spesial di kafe Lokal Jajan yang laris diburu pelanggan yang mayoritas dari kalangan generasi milenial asal Klaten, Solo, hingga Yogyakarta.

Andreas Leksana, pemilik kafe Lokal Jajan Klaten, menunjukkan proses pembuatan teh kombucha pada Kamis, 8 November 2018. Dinda Leo Listy / KLATEN

Cara membuat teh kombucha cukup mudah. Bahan yang perlu disiapkan hanyalah teh hijau, gula, dan scoby atau jamur kombucha yang bertugas memfermentasi gula pada larutan teh dan gula. Untuk para pemula, scoby bisa dibeli dari tempat budidaya jamur kombucha atau di toko-toko online.

Selain menjual produk teh kombucha siap minum seharga Rp 15 ribu per botol berukuran 250 mililiter, kafe Lokal Jajan Klaten juga menyediakan scoby untuk para pelanggannya yang berminat mencoba membuat teh kombucha sendiri di rumah. Tiap satu scoby berdiameter 15 centimeter dan tebal sekitar empat centimeter itu hanya dibanderol Rp 50 ribu.

Andre berujar, tahap awal membuat teh kombucha sama dengan menyeduh teh manis seperti biasa. Setelah larutan teh manis itu didiamkan selama 8 sampai 15 menit, tinggal masukkan satu scoby (untuk takaran 1,5 liter teh manis) lalu ditutup menggunakan kain perca. "Penutupnya pakai kain perca karena proses fermentasi itu membutuhkan oksigen dari luar," kata Andre.

Baca juga: Kue Pai Cantik Ini Bikin Tak Tega Dimakan

Setelah didiamkan selama 5 - 7 hari, teh kombucha siap dihidangkan. Tiap pekan Andre memproduksi tiga liter teh kombucha original yang dikemas dalam 12 botol kaca berukuran 250 mililiter. "Baru dua tahun ini kami menyuguhkan menu teh kombucha. Tapi eksperimen untuk menemukan racikannya sudah sejak 2014," kata Andre.

Seorang pelanggan teh kombucha di kafe Lokal Jajan, Cahyadi, 28 tahun, mengatakan awalnya hanya sekadar coba-coba. "Pertama beli langsung ketagihan karena ada sensasi rasa asam yang menyegarkan, tapi tidak menghilangkan cita rasa teh hijaunya. Buat saya teh kombucha lebih nikmat kalau dingin," kata warga Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, itu.