Langkah Mudah Mencegah Munculnya Flek Hitam di Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah kulit lain yang menganggu penampilan adalah munculnya flek hitam di wajah.  Meski tidak berbahaya, pada beberapa kasus, flek hitam di wajah juga dapat menjadi penanda kondisi penyakit serius seperti kanker.

Baca juga: Flek Hitam Masalah Utama Kulit Orang Indonesia Begini Mencegahnya

Flek hitam muncul sebagai akibat produksi melanin berlebih di kulit. Selain itu, kondisi ini juga dapat muncul karena kerusakan kulit yang terjadi akibat pengaruh radikal bebas. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kondisi di atas, di antaranya:

#1. Paparan Sinar Ultraviolet
Paparan sinar ultraviolet dapat diterima kulit melalui sinar matahari, maupun prosedur kecantikan seperti proses tanning, untuk menggelapkan warna kulit. Paparan sinar ini dapat memicu produksi melanin berlebihan.

Produksi melanin berlebih dapat menyebabkan suatu kondisi yang dinamakan hiperpigmentasi. Kondisi hiperpigmentasi umum terlihat pada individu paruh baya, akibat akumulasi paparan sinar UV. Munculnya flek hitam biasanya terjadi pada orang paruh baya yang tidak biasa melindungi kulit dari paparan sinar UV. Karena itu, biasakanlah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, dengan menggunakan tabir surya maupun alat pelindung lainnya. 

#2. Gangguan di Kulit 
Selain paparan sinar UV, flek hitam di wajah juga dapat disebabkan oleh gangguan di kulit seperti Hiperpigmentasi pascaperadangan, terjadinya perubahan warna kulit akibat kondisi yang menyebabkan peradangan pada kulit seperti jerawat,  melasma perubahan warna kulit pada ibu hamil, chloasma perubahan warna kulit menjadi lebih gelap karena perubahan hormon, dan Erythromelanosis follicularis kondisi yang ditandai oleh pigmentasi cokelat kemerahan pada wajah dan leher.

#3. Pengaruh Konsumsi Obat
Konsumsi beberapa jenis obat juga dapat memicu timbulnya flek hitam di wajah. Sebab, obat-obat tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jenis obat yang dapat memicu timbulnya kondisi ini di antaranya estrogen, tetrasiklin, amiordane, feniotin, fenotiazin, dan sulfonamid.

#4. Bekas Luka
Flek hitam juga dapat timbul akibat bekas luka dari gigitan serangga, luka bakar, maupun luka akibat teriris sesuatu. Flek yang muncul akibat hal ini dapat menghilang, seiring dengan berjalannya waktu.

#5. Penyebab Lainnya
Selain keempat hal di atas, kondisi seperti diabetes dan iritasi juga dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah.

Langkah utama untuk mencegah munculnya flek hitam di wajah adalah dengan rutin menggunakan tabir surya, maupun produk lain yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Gunakan produk dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide untuk mendapatkan hasil yang baik. Anda juga disarankan untuk menggunakan tabir surya yang memiliki sun protecting factor (SPF) 30 setiap hari, meski saat mendung.

Segera rawat kondisi gangguan pada kulit seperti jerawat sebelum meradang, dan menyebabkan flek hitam. Jika memungkinkan, hindari paparan sinar matahari antara pukul 10.00 hingga pukul 16.00. Sebab pada waktu-waktu tersebut, matahari diperkirakan bersinar paling kuat. Anda juga konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit, untuk mengetahui cara menghilangkan flek yang paling tepat dan efektif, sesuai kondisi yang dialami. 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."