Penyebab Hiperpigmentasi Kulit dan Cara Merawatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi kulit. Boldsky

Ilustrasi kulit. Boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seringkali kita merasa gemas jika ada bintik kecil di kulit wajah. Hal yang pertama dipikirkan adalah memencetnya dan berharap bintik itu hilang. Namun ternyata yang tersisa justru bintik gelap yang bertahan selama berbulan-bulan. Hal ini disebut dengan hiperpigmentasi.

Baca juga: Song Hye Kyo Mulai Merawat Kulit Sejak Usia 30, Ini Caranya

Contoh lainnya adalah saat kamu melihat bintik-bintik hitam di daerah dahi, yang berkaitan dengan hormon. Pada dasarnya, hiperpigmentasi adalah perubahan warna yang disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan, pigmen yang ditemukan di kulit dan rambut Anda. Bentuk umumnya, bintik-bintik penuaan, melasma dan bintik-bintik gelap bekas jerawat alias hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Mengutip laman Purewow, menurut ahli kecantikan estetika Renée Rouleau, ada dua akar penyebab hiperpigmentasi, yaitu peradangan dan hormon. “Panas, paparan sinar matahari, pengelupasan kulit yang berlebihan dan memencet jerawat sangat dalam, kehamilan, penuaan dan yang terakhir alat kotrasepsi,” ujar Rouleau.

Meski begitu, hiperpigmentasi dapat dicegah dan diobati. Rouleau mengatakan kunci utama untuk memecah dan menghilangkan sel berpigmen adalah dengan eksfoliasi yang dapat meningkatkan pergantian sel. Kamu dapat menggunakan produk eksfoliasi kimia atau berbentuk scrub.

Kandungan seperti niacinamide, suatu bentuk vitamin B, telah terbukti mengurangi hiperpigmentasi hanya dalam waktu empat minggu dan memiliki efek menenangkan kulit. Namun, Rouleau mengingatkan agar tidak berlebihan melakukan eksfoliasi. “Saya memberi tahu klien saya untuk membatasi eksfoliasi hingga maksimal lima kali seminggu,” ujarnya.

Untuk mencegah hiperpigmentasi, kamu harus menggunakan tabir surya setiap hari, tanpa pengecualian. Selain itu, tidak ada salahnya juga menggunakan serum vitamin C setiap hari untuk mencerahkan warna kulit dengan lembut dan menghambat melanin. “Vitamin C adalah salah satu bahan terbaik untuk meningkatkan kecerahan kulit, dan dapat digunakan oleh hampir semua jenis kulit,” Renée Rouleau.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."