Flek Hitam di Wajah Ganggu Penampilan, Atasi dengan Cuka Apel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bintik-bintik hitam muncul di kulit karena beberapa faktor, seperti sering terpapar sinar matahari, penggunaan bahan kimia berlebihan pada wajah, konsumsi alkohol, dan merokok yang berlebihan. Tetapi, bintik hitam dapat disamarkan dengan menggunakan cara dan bahan kosmetik yang tepat, salah satunya dengan cuka apel.

Dilansir dari Boldsky, cuka apel memiliki kandungan glikol yang bisa menghilangkan bintik-bintik gelap dan mengobati pigmentasi pada kulit. Cuka apel juga memiliki kandungan asam asetat yang dapat membantu mengurangi warna bintik-bintik hitam di wajah. Berikut caranya.

Baca juga:
Efek Buruk Mengkonsumsi Cuka Apel Secara Rutin untuk Kesehatan
Cukup dengan Cuka Apel agar Rambut Kuat dan Bersinar

1. Jadikan cuka apel sebagai toner
Cuka apel bisa menjadi toner terbaik untuk kulit. Caranya, campur satu sendok teh cuka apel dengan satu sendok teh air. Gunakan kapas untuk mengoleskannya di wajah lalu tekan di bintik wajah. Toner ini akan berfungsi baik jika didiamkan semalam. Bersihkan wajah pada hari berikut. Gunakan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Cuka apel dan baking soda
Kombinasi cuka apel dan baking soda dapat membantu menyumbat pori-pori dan membuat kulit bersih. Campurkan dua sendok makan cuka apel dan tiga sendok makan baking soda dalam mangkuk sampai mengental. Oleskan pada wajah setelah dibersihkan dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air dingin.

Cuka Apel. shutterstock.com

3. Cuka apel dan scrub gula
Scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Siapkan 1 sendok teh cuka apel, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh teh hijau, 5 sendok teh gula pasir, dan beberapa tetes air. Campur semua bahan di atas dalam mangkuk. Campurkan dengan baik. Oleskan scrub pada wajah dan gosok lembut dengan gerakan memutar dengan bantuan ujung jari selama 2-3 menit. Setelah beberapa menit, bersihkan wajah dengan air biasa.

4. Cuka apel dan minyak tea tree
Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil dua cangkir air dalam mangkuk. Tambahkan empat sendok makan cuka apel dan beberapa tetes minyak tea tree. Campur semua bahan dengan baik. Tuang campuran ini ke dalam steamer cair. Letakkan wajah Anda di atas steamer dan uapkan wajah selama 5-8 menit. Pastikan Anda tidak terlalu dekat ke steamer karena akan merusak kulit. Setelah selesai, bersihkan wajah dengan air biasa.

Artikel lain:
Ramuan Cuka Apel, Madu dan Kayu Manis Bantu Kontrol Diabetes

5. Cuka apel dan sari kentang
Kentang dikenal dapat mencerahkan bintik-bintik gelap dan noda di wajah. Parut kentang untuk mengekstrak sarinya. Masukkan air perasan atau sari kentang segar sebanyak dua sendok tehdan campurkan dengan satu sendok teh cuka sari apel. Oleskan pada area yang ada bintik hitamnya dan tunggu selama 5-10 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air biasa.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."