5 Item Fashion yang Wajib Dihindari saat Wawancara Kerja

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Kamis, 13 Juni 2019 07:00 WIB
5 Item Fashion yang Wajib Dihindari saat Wawancara Kerja

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa industri menjadi tempat kerja yang semakin santai, khususnya terkait dengan peraturan pakaian. Tak sedikit yang membuat bingung saat memilih pakaian saat melakukan wawancara kerja.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Penampilan saat Wawancara Kerja untuk Wanita

Namun, apapun industri yang Anda minati, ingat ada lima item yang sebaiknya tidak dipakai saat melakukan wawancara kerja. Melansir laman Purewow, berikut lima item fashion tersebut. 

#1. Sepatu yang hanya dipakai dua kali setahun
Aturan dasarnya jangan pernah memakai semua jenis sepatu heels atau flat, yang hanya dipakai kurang dari sekali sebulan. Berjalan dengan nyaman untuk menambah kepercayaan diri sangat diperlukan. Pastikan sepatu tidak akan mencubit jari-jari kaki kaki atau menggesek lubang achilles.

#2. Tas berukuran sangat besar
Anda tidak perlu membawa makan siang, botol air, dan agenda untuk berjabat tangan CEO baru ini. Tinggalkan tas besar di rumah, ganti dengan membawa satchel bag, tas yang berdesain kasual dengan sebuah tali di bagian tengah penutup tas. Jika Anda perlu membawa portofolio atau map, sangat baik membawanya terpisah di bawah lengan lainnya.

#3. Jeans
Meskipun memakainya saat wawancara kerja di sebuah media atau start up, bisa memberikan kesan yang buruk dari sikap Anda. Ganti jeans dengan celana panjang peg-leg yang panjangnya pas semata kaki.

#4. Pakaian berbahan flowy
Pakaian Anda mungkin akan terlihat trendi, tapi bukan pada tempatnya. 

#5. Apa saja yang terlalu trendi
Hindari apa pun yang mungkin membuat perusahaan ingat Anda hanya karena pakaian, bukan dari kayanya ide dan pengalaman Anda. Jaket bomber abu-abu keren dipakai saat hangout bersama teman, tapi tidak begitu tepat di ruang konferensi dengan bos baru potensial Anda.

Baca juga: Wanita Hadapi Hambatan Sosial dan Hukum Saat Mencari Pekerjaan

Lalu apa yang seharusnya dipakai?
Tunjukkan gaya professional. Anda Setiap industri dan setiap pekerjaan memiliki kode berpakaian sendiri, jadi gunakan penilaian terbaik Anda. Jika setelan jas diperlukan, cobalah untuk menambahkan sesuatu yang segar ke dalamnya seperti blus sutra bermotif. Jika kantor kurang formal, ganti blazer dengan celana kotak-kotak. Intinya: Anda ingin tampil dengan potongan pakaian yang fresh, tapi yang lebih penting, sederhana dan tajam.