Tampilkan Citra Positif saat Wawancara Kerja denga Jurus Berikut

Reporter: Anisa Luciana
Editor: Yayuk Widiyarti
Jumat, 29 Maret 2019 07:50 WIB
Tampilkan Citra Positif saat Wawancara Kerja denga Jurus Berikut

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat yang sedang mencari pekerjaan atau akan menghadapi wawancara kerja, cobalah fokus pada citra profesional. Segala sesuatu tentang Anda, entah itu cara berjalan, kata-kata yang diucapkan, cara duduk, hingga segala sesuatu tentang diri Anda di dunia maya, patut diperhatikan guna menciptakan kesan pertama yang bagus.

Sylvie di Giusto, seorang konsultan pencitraan, membagi jurus cara menciptakan kesan pertama yang baik dan positif, yang ia beri nama jurus ABCD, seperti dilansir Time. Apa saja itu?

Baca juga:

Riset: Pelamar Tolak Pekerjaan Jika Kecewa Saat Perekrutan
Tipe Karyawan Berdasarkan Warna Lipstik

A - Appearance (Penampilan)
Ini tentang apa yang Anda kenakan. Pilih pakaian dan aksesoris yang nyaman dan pastinya bernuansa formal.

B - Behaviour (Sikap)
Ini tentang bahasa tubuh. Artinya, sikap dan gerak-gerik Anda mencerminkan watak dan kepribadian. Saat berkomunikasi dengan seseorang, pastikan melakukan kontak mata dengan orang itu dan jangan lupa berjabat tangan.

C - Communication
Menurut di Giusto, 11 kata pertama yang diucapkan adalah hal yang bisa membuat seseorang ingat pada diri kita. Karena itu, usahakan di awal percakapan menggunakan kata-kata bermakna positif yang bisa membuat Anda bernilai lebih sehingga mereka ingat dan terkesan pada diri Anda.

D - Digital Footprint (Rekam Jejak Digital)
Percayalah, zaman sekarang profil Anda di dunia maya menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi perusahaan saat mencari tenaga kerja baru. Untuk itu, usahakan selalu tampilkan hal-hal yang baik dan postif, entah itu di blog pribadi atau pada akun media sosial.