5 Tips Menjaga Penampilan saat Wawancara Kerja untuk Wanita

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Selasa, 28 Mei 2019 05:30 WIB
5 Tips Menjaga Penampilan saat Wawancara Kerja untuk Wanita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesan pertama pada wawancara kerja sangat penting. Saat itu, reputaasi profesional Anda dipertaruhkan. Setiap kali kita bertemu seseorang untuk pertama kalinya, hanya perlu beberapa detik bagi kita untuk menilai mereka dan membentuk kesan pertama.

Baca juga: Tampilkan Citra Positif saat Wawancara Kerja denga Jurus Berikut

Jika kita mendapat kesan yang baik, kita ingin mengenal orang itu lebih baik, tetapi jika tidak, diperlukan upaya yang signifikan dari orang tersebut untuk mengubah pandangan kita tentang mereka. Jobstreet, situs informasi lowongan kerja terbesar memberikan tips penting perawatan untuk wawancara kerja berikut ini.

#1. Rambut
Jika Anda memiliki rambut panjang, ikat rambut model kuncir kuda atau setidaknya pastikan rambut Anda rapi dan tidak berantakan.

#2. Makeup
Hindari makeup yang berlebihan saat wawancara kerja. Sebaiknya gunakan warna-warna segar dan alami agar tetap sederhana dan ringan. Supaya terlihat profesional makeup simpel dan natural lebih pas diterapkan.

#3. Pakaian
Sebaiknya Anda memilih setelan jas, rok, atau gaun cantik, ingatlah untuk tetap berpenampilan profesional. Jauhi potongan leher rendah, rok mini dan apa pun yang terlalu terbuka yang mungkin mengirim pesan yang salah. Aksesori harus dihindari atau gunakan sesederhana mungkin.

Jangan lupa pilih alas kaki yang tepat, kenakan sepatu yang terlihat bagus tetapi jangan biarkan Anda meringis di setiap langkah. Sekali lagi, pengecualian untuk aturan di sini adalah jika Anda wawancara untuk posisi yang kreatif atau berorientasi fashion, Anda diizinkan untuk menunjukkan warna dan kepribadian dalam penampilan.

#4. Aroma
Gunakan deodoran agar tetap segar dan kering, tetapi hindari parfum yang beraroma terlalu kuat.

#5. Nafas
Aturan ini juga berlaku bagi wanita dan pria. Jangan merokok setidaknya setengah jam sebelum wawancara, dan bawa permen mint dalam tas jika perlu menyegarkan napas.