4 Kebiasaan yang Bikin Badan Gemuk Sehabis Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi perempuan gemuk/obesitas. Shutterstock

Ilustrasi perempuan gemuk/obesitas. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Idul Fitri atau Lebaran adalah momen bahagia karena bisa berkumpul dan bersilahturahmi dengan keluarga besar. Libur Lebaran biasanya dihabiskan dengan melakukan hal-hal menyenangkan bersama keluarga sebelum kembali ke aktivitas normal.

Meskipun sangat bahagia, biasanya ada juga kesedihan yang muncul karena badan menjadi lebih gemuk. Setelah berpuasa selama satu bulan, ada semacam balas dendam dengan makan dalam jumlah yang banyak sehingga membuat badan lebih gemuk.

Jika tidak ingin bertambah gemuk setelah Lebaran, lebih baik hindari empat kebiasaan berikut.

Baca juga:
5 Jenis Makanan Supaya Tubuh Berenergi saat Lebaran
Kiat Terhindari dari Sakit Tenggorokan usai Lebaran

#Balas dendam dan makan sebanyak mungkin
Puasa telah usai dan Anda berpikiran ini waktu yang tepat untuk membalas dendam dengan makan sebanyak mungkin. Jika pikiran masih seperti itu, tentu saja tubuh akan membengkak. Meskipun sudah tidak menjalankan ibadah puasa, sebaiknya pola makan tetap diatur.

ilustrasi makanan bersantan (pixabay.com)

#Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan
Saat bersilahturahmi ke rumah saudara tentunya sulit menolak mencicipi kue yang sudah disediakan. Boleh dilakukan, tapi ingat jangan sampai kebablasan. Jangan gara-gara nastar buatan saudara sangat lezat sampai makan satu toples.

#Terlalu banyak waktu bermalas-malasan
Mumpung masih liburan, lalu menggunakan waktu sebanyak mungkin untuk bermalas-malasan dan pastinya bisa membuat tubuh semakin besar. Meskipun kegiatan berkunjung ke rumah saudara sudah selesai, bukan berarti harus bermalas-malasan. Apalagi jika malas-malasannya sambil ngemil.

#Pola tidur yang salah
Setiap hari kita dianjurkan tidur selama 7-8 jam. Jika kurang atau lebih, maka organ tubuh bisa tidak berfungsi dengan normal dan dampaknya juga bisa mengakibatkan badan lebih gemuk. Jadi jika ingin berat badan tetap terkontrol, perhatikan asupan makanan dan juga pola tidur. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."