Kiat Terhindari dari Sakit Tenggorokan usai Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita memegangi atau sakit tenggorokan. shutterstock.com

Ilustrasi wanita memegangi atau sakit tenggorokan. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Idul Fitri atau Lebaran biasanya dilengkapi dengan cemilan lezat, seperti aneka kue manis dan kacang-kacangan. Di balik lezatnya makanan ringan ini, tersimpan risiko sakit tenggorokan.

Konsumsi kue dan kacang-kacangan yang berlebihan, diikuti dengan minimnya minum air putih, dapat memicu rasa kering dan gatal di tenggorokan dan ama-kelamaan berujung pada iritasi dan sakit di tenggorokan yang akan mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan ketika harus beraktivitas sehari-hari.

Dua tips sederhana berikut dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan agar dapat kembali beraktivitas dengan maksimal.

Baca juga:
Jaga Kesehatan selama Momen Lebaran dengan Mengontrol Makanan
Pakar: Batasi Makanan Berlemak dan Minum Manis saat Lebaran

#Perbanyak air putih
Ketika mengalami sakit tenggorokan, penting sekali untuk memperbanyak konsumsi air putih, terutama yang hangat. Selain membantu membuang racun serta bibit penyakit dalam tubuh, air putih membantu menjaga kondisi tenggorokan agar tidak kering.

# Minuman hangat
Pilihan minuman seperti teh hangat dapat menjadi alternatif mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan di dalam teh dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan, ditambah dengan tingginya kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk khasiat lebih maksimal, penggunaan gula di teh dapat diganti dengan campuran lemon atau madu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."