Kiat Terhindari dari Sakit Tenggorokan usai Lebaran

Ilustrasi wanita memegangi atau sakit tenggorokan. shutterstock.com

kesehatan

Kiat Terhindari dari Sakit Tenggorokan usai Lebaran

Jumat, 7 Juni 2019 10:20 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Idul Fitri atau Lebaran biasanya dilengkapi dengan cemilan lezat, seperti aneka kue manis dan kacang-kacangan. Di balik lezatnya makanan ringan ini, tersimpan risiko sakit tenggorokan.

Konsumsi kue dan kacang-kacangan yang berlebihan, diikuti dengan minimnya minum air putih, dapat memicu rasa kering dan gatal di tenggorokan dan ama-kelamaan berujung pada iritasi dan sakit di tenggorokan yang akan mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan ketika harus beraktivitas sehari-hari.

Dua tips sederhana berikut dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan agar dapat kembali beraktivitas dengan maksimal.

Baca juga:Jaga Kesehatan selama Momen Lebaran dengan Mengontrol MakananPakar: Batasi Makanan Berlemak dan Minum Manis saat Lebaran

#Perbanyak air putih Ketika mengalami sakit tenggorokan, penting sekali untuk memperbanyak konsumsi air putih, terutama yang hangat. Selain membantu membuang racun serta bibit penyakit dalam tubuh, air putih membantu menjaga kondisi tenggorokan agar tidak kering.

# Minuman hangat Pilihan minuman seperti teh hangat dapat menjadi alternatif mengatasi sakit tenggorokan. Kandungan di dalam teh dapat membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan, ditambah dengan tingginya kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk khasiat lebih maksimal, penggunaan gula di teh dapat diganti dengan campuran lemon atau madu.