5 Jenis Makanan Supaya Tubuh Berenergi saat Lebaran

kesehatan

5 Jenis Makanan Supaya Tubuh Berenergi saat Lebaran

Minggu, 2 Juni 2019 17:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian orang merasa lesu dan lemah di beberapa hari terakhir bulan Ramadhan. Belum terlambat untuk mengubahnya sebelum liburan Lebaran. Anda dapat mengubah pola makan dan istirahat dengan sederhana. 

Kelelahan selama Ramadan disebabkan karena kurangnya tidur dan pilihan makanan yang buruk. Jadi makanan berbuka puasa dan sahur harus dipersiapkan dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Melansir laman Gulf News, Dr Eman Abisourour, Konsultan Penyakit Dalam di Valiant Clinic, Dubai mengatakan jika asupan makanan sangat buruk saat puasa, dapat menyebabkan penipisan vitamin dan nutrisi penting dalam tubuh, yang dapat meningkatkan rasa kelelahan dan kelesuan.

Dehidrasi juga sangat umum terjadi selama bulan Ramadan karena banyak orang yang terbiasa mengurangi asupan air dan mengonsumsi lebih banyak minuman berkafein. Lebaran yang tinggal beberapa hari lagi ini sangat penting untuk mengatur jam tidur, asupan makanan dan tingkat energi selama beberapa hari terakhir bulan Ramadan. “Penting untuk meringankan tubuh kembali ke rutinitas normalnya. Pastikan Anda makan makanan seimbang, biasanya yang ringan untuk memastikan Anda tidak mengganggu lambung dan pencernaan, "kata Dr Abisourour.

Dia juga merekomendasikan peningkatan sesi olahraga dan jam tidur per malam lebih dekat ke liburan Idul Fitri. “Orang harus mencoba tidur relatif lebih awal sehingga mereka dapat cukup istirahat dan tubuh dapat memasuki tahap tidur yang dalam yang diperlukan untuk mengisi kembali dirinya dengan energi yang cukup,” tambah Dr Abisourour.

Berikut ini 5 makanan teratas yang menyediakan energi bagi tubuh

#1.  Salmon dan ikan berlemak Salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis ikan ini juga merupakan sumber protein, vitamin B6, niacin, dan riboflavin / yang semuanya membantu tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi.

#2. Ubi jalar Ini tinggi karbohidrat dan sarat dengan Vitamin A (beta-karoten) dan vitamin C. Vitamin ini biasanya membantu Anda melawan kelelahan tengah hari

#3. Bluberi Blueberry penuh serat, yang memungkinkan pelepasan energi secara lambat yang akan membantu Anda mempertahankan tingkat energi selama berjam-jam.

#4. Pisang: Pisang memiliki gula alami (glukosa, fruktosa, dan sukrosa) dan serat, dan merupakan sumber energi yang sempurna. Pisang dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan atau sebagai pengganti sarapan atau tambahan.

#5. Bayam: Sayuran hijau berdaun ini adalah sumber zat besi yang cemerlang, yang merupakan komponen vital untuk produksi energi tubuh Anda. Bagi orang-orang yang berjuang dengan kelesuan setelah makan siang, ini adalah makanan yang sempurna untuk dimakan saat makan siang untuk menghindari kantuk di sore hari.