3 Impian Ani Yudhoyono yang Belum Tercapai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dibantu menantunya Annisa Pohan saat upacara pemakaman Ibu Negara Presiden RI ke-6 Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu, 2 Juni 2019.TEMPO/Muhammad Hidayat

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dibantu menantunya Annisa Pohan saat upacara pemakaman Ibu Negara Presiden RI ke-6 Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu, 2 Juni 2019.TEMPO/Muhammad Hidayat

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Annisa Pohan mengungkapkan beberapa keingingan Ani Yudhoyono yang belum terwujud. Beberapa hari sebelum ibu mertuanya meninggal dunia, istri Agus Yudhoyono ini sempat memimpikannya. Dalam mimpinya, Annisa bertemu Ani Yudhoyono di rumah baru.

Baca juga: Arti Penting Dukungan Keluarga Ani Yudhoyono Melawan Kanker

Padahal, Ani Yudhoyono belum pernah mengunjungi rumah baru Annisa Pohan. "(Dalam mimpi) Saya tanya, kok di sini? Ada apa? Dalam hati saya pikir mungkin karena memang belum pernah ke sini. Kan saya baru pindah rumah, jadi belum sempat mengajak ibu ke rumah baru saya, (soalnya) ibu udah ke Singapura (dirawat)," ujar Annisa Pohan usai pemakaman Ani Yuhdoyono, di TMP Kalibata, Jakarta, Minggu 2 Juni 2019.

Annisa Pohan pun mengungkapkan ada beberapa keinginan Ani Yudhoyono yang belum tercapai. Salah satunya yaitu membangun museum bersama sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. "Ibu Ani ingin sekali punya museum berdua sama Bapak (SBY). Selama menjadi Ibu Negara kan banyak sekali koleksi beliau terutama kain tradisional," kata Annisa Pohan.

Ani Yudhoyono, didampingi suaminya Susilo Bambang Yudhoyono dan Annisa Pohan saat dirawat di Rumah Sakit National University Hospital, Singapura. Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Ani Yudhoyono sempat dinyatakan kritis karena kanker darah. Instagram/@aniyudhoyono

Ibu satu anak ini menambahkan, Ani Yudhoyono juga punya keinginan membuat Galeri Kain Nusantara. Galeri tersebut berisi berbagai kain koleksi ibu negara periode 2002-2014 ini yang akan dipajang untuk masyarakat Indonesia. 

Selain itu, Ani Yudhoyono juga punya cita-cita membuat kebun untuk menghabiskan masa tuanya bersama SBY. "Ibu juga ingin buat kebun yang kita sebut jungle," tandas Annisa Pohan.

Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura. Istri presiden keenam RI ini wafat dalam usia 66 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker darah selama hampir 4 bulan di National Unversity Hospital Singapura. Beberapa hari sebelumnya ia sempat mendapat perawatan di ICU (Intensive Care Unit).

TALOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."