Arti Penting Dukungan Keluarga Ani Yudhoyono Melawan Kanker

Ani Yudhoyono, didampingi suaminya Susilo Bambang Yudhoyono dan Annisa Pohan saat dirawat di Rumah Sakit National University Hospital, Singapura. Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Ani Yudhoyono sempat dinyatakan kritis karena kanker darah. Instagram/@aniyudhoyono

ragam

Arti Penting Dukungan Keluarga Ani Yudhoyono Melawan Kanker

Sabtu, 1 Juni 2019 19:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ani Yudhoyono istri presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY wafat pada 1 Juni 2019, pukul 11.50 waktu Singapura. Ia wafat dalam usia 66 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker darah selama hampir 4 bulan. Beberapa hari sebelumnya ia sempat mendapat perawatan di ICU (Intensive Care Unit).

Baca juga: Ani Yudhoyono Sakit, Annisa Pohan Menunjukkan Rutinitasnya

Kondisi kesehatan Ani Yudhoyono mulai menurun usai menemani Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY kampanye Partai Demokrat di Sumatra, Februari 2019. Sejak saat itu, dia langsung mendapat perawatan intensif di Singapura. Selama menjalani perawatan SBY selalu ada di sisinya begitu juga dengan anak-anak, mantu dan cucu-cucunya.

Baik Ani Yudhoyono maupun anak dan mantunya kerap membagikan informasi seputar kondisi kesehatannya di Instagram. Hal tersebut menunjukkan pentingnya peran aktif keluarga dalam membantu perjuangannya melawan kanker. Berikut adalah aktivitas yang dilakukan keluarga Ani Yudhoyono untuk menunjukkan dukungan mereka.

#1. Menyesuaikan makananAni Yudhoyono. Instagram

Annisa Pohan, istri Agus Yudhoyono putra pertama Ani Yudhoyono dan SBY, menunjukkan aktivitas berbuka puasanya bersama di rumah sakit.  “Biasa Memo paling sibuk menanyakan masing-masing anak dan cucu mau berbuka puasa apa, karena selera yang berbeda dan Memo berusaha mengakomodasi semua jadilah meja makan penuh menampung beraneka jenis makanan,” tulis Annisa dalam keterangan fotonya bersama Ani Yudhoyono di Instagram.

#2. Dukungan dari SuamiAni Yudhoyono ditemani Susilo Bambang Yudhoyono saat berada di Rumah Sakit. Instagram/@aniyudhoyono

Ani Yudhoyono juga sempat mengakui dirinya tidak ingin makan saat sakit. Namun, dukungan dari Susilo Bambang Yudhoyono sangat membantunya. “Saat sedang sakit, badan kita sering menolak makanan. Namun, tubuh membutuhkan asupan gizi yang besar agar kita bisa menang melawan sel-sel jahat kanker. Berkat support dari suami tercinta, makanan pun bisa dikonsumsi,” tulis Ani Yudhoyono di Instagram.

#3. Ditemani anakAni Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono. Instagram

Memiliki dua anak laki-laki yang sudah sibuk dengan pekerjaan dan keluarga masing-masing, Ani menunjukkan rasa senang karena bisa ditemani anaknya berturut-turut. Mulai dari Edhie Baskoro Yudhoyono yang menemaninya setelah melakukan kampanye.

Ani Yudhoyono bersama dengan ankaknya Edhie Baskoro Yudhoyono. Instagram/@aniyudhoyono

Lalu, dilanjutkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono yang turut menemani ibunya setelah tenaganya terkuras selama 3 minggu untuk kampanye. Ani Yudhoyono menunjukkan perasaan bahagia tersebut di Instagram. “Setelah melakukan serangkaian campaign yang melelahkan, aku merasa bahagia EBY dan keluarga bergegas menemuiku di NUH. Semoga perjuanganmu berhasil anakku sayang,” tulisnya.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA