Mau Berhenti Merokok? Konsumsi Jenis Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi susu segar (Pixabay.com)

Ilustrasi susu segar (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sekitar 5,4 juta orang meninggal karena penyakit terkait tembakau di seluruh dunia setiap tahun. Asupan tembakau dalam bentuk apa pun seperti rokok dapat menyebabkan berbagai jenis kanker seperti mulut, tenggorokan, paru-paru, payudara, otak, kantong empedu, kerongkongan dan ginjal. Selain itu, merokok juga menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti stroke, penyakit gigi dan gusi, kebutaan, penyakit paru obstruktif, dan lain-lain.

Baca juga: Sulit Berhenti Merokok? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Bahan kimia utama yang ditemukan dalam trokok adalah nikotin, bahan kimia yang sangat adiktif yang mempengaruhi seseorang baik secara fisik maupun psikologis. Jika Anda berniat ingin menghentikan kebiasaan merokok, dapat mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini seperti dilansir dari Boldsky.

#1. Susu
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nicotine and Tobacco Research,  ketika para peneliti bertanya pada sekelompok perokok yang makanannya mengurangi rasa rokok, hasilnya adalah produk susu. Jadi, saat berikutnya Anda mendambakan, minumlah segelas susu.

#2. Buah dan sayuran
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh University at Buffalo, makan lebih banyak buah dan sayuran dapat membantu Anda berhenti merokok. Para peneliti juga menemukan bahwa perokok yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran merokok lebih sedikit rokok sehari.

#3. Kacang
Kacang bergizi dan penuh serat. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Annals of Internal Medicine, orang yang makan lebih banyak makanan kaya serat termasuk kacang membantu mengurangi efek nikotin. Begitu Anda berhenti merokok, Anda cenderung menambah berat badan. Makan makanan berserat juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

#4. Popcorn
Setelah Anda berhenti merokok, keinginan untuk makan makanan ringan muncul terutama karena Anda tidak bisa lagi menjaga tangan dan mulut Anda dengan rokok. Menurut American Heart Association, memiliki popcorn camilan yang dapat mengatasi keinginan merokok.

#5. Batang kayu manis
Diyakini bahwa mengisap batang kayu manis dapat membantu Anda untuk berhenti merokok karena merupakan bumbu yang lezat.

#6. Anggur beku
Menurut American Heart Association (AHA), mengidam permen setelah berhenti merokok adalah hal yang alami dan dapat mencegah Anda meraih rokok. AHA merekomendasikan makan anggur beku karena rasa manisnya akan membantu mengurangi keinginan gula dan sehat.

The American Heart Association menyarankan untuk makan makanan berikut ketika berhenti merokok:

#Makanan ringan siap makan seperti muffin gandum, roti gandum, sereal gandum, yogurt rendah lemak, buah-buahan seperti pisang, persik, apel dll, dan tanpa garam gila.

#Mudah yang untuk dimakan seperti popcorn, setengah sandwich, sayuran seperti wortel, seledri, mentimun, dll, buah-buahan seperti semangka atau nanas, smoothie buah dan yogurt.

#Makanan darurat (ketika muncul keinginan untuk merokok) seperti permen karet bebas gula, permen keras bebas gula, stik sayuran seperti mentimun, wortel, seledri, dan lainnya, serta permen napas bebas gula.

#Makanan beku (keinginan kuat untuk makan permen setelah berhenti merokok) seperti anggur beku atau pisang beku, serbat tanpa gula, yogurt beku rendah lemak, dan es krim rendah kalori.

Sedikit tips yang bermaanfaat untuk Anda yang ingin berhenti merokok
Jika Anda lapar, makanlah camilan sehat di antara waktu makan. Mengunyah makanan ringan atau mengunyah permen karet yang dapat membantu menangkal dorongan. Selalu mengunyah sesuatu di mulut Anda. Kontrol berat badan Anda. Makan dengan penuh perhatian.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."