Kiat Mengajarkan Anak Mengenai Menstruasi

Ilustrasi menstruasi. India Times

ragam

Kiat Mengajarkan Anak Mengenai Menstruasi

Rabu, 29 Mei 2019 16:39 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Menstruasi adalah suatu proses normal dan dialami semua wanita. Proses keluarnya darah dari vagina diakibatkan siklus bulanan alami pada tubuh wanita ini seringkali menjadi bahan diskusi atau pembicaraan yang tabu.

Banyak orang tua yang tidak mengajarkan anak, terutama pada anak laki-laki, mengenai menstruasi karena merasa tidak pantas atau tabu. Padahal, orang tua perlu mengajarkan anak perempuan dan laki-laki mengenai menstruasi agar anak-anak bisa mengerti kalau haid adalah proses yang normal dan tidak perlu ditakuti.

Baca juga:5 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Masalah Saat Menstruasi

“Anak laki-laki dan perempuan sekitar usia 9 tahun sebaiknya sudah diajarkan mengenai menstruasi. Anak zaman sekarang semakin kritis, misalnya ibu atau saudara perempuan tidak salat atau tidak puasa, itu bisa menjadi pacuan untuk mengajarkan anak,” jelas Silvia Devina, Penasihat Yayasan Plan Internasional Indonesia, di Hari Kebersihan Menstruasi Dunia di Jakarta Selatan, Selasa, 28 Mei 2019.

Ada beberapa cara untuk mengajarkan anak mengenai menstruasi, seperti dengan sebuah permainan, brosur, pentas teater, komik, cerita, dan sebagainya. Silvia mengingatkan orang tua untuk menggunakan kata-kata yang mudah untuk dimengerti dan untuk membuat penjelasan terdengar seru. Hal tersebut akan menunjukkan kalau menstruasi adalah suatu hal yang normal dan tidak perlu ditakuti.

Ilustrasi nyeri haid. shutterstock.com

“Menjelaskan anak dengan santai dan pesannya sederhana-sederhana saja,” lanjut Silvia.

Mengajarkan anak perempuan tentu menjadi suatu hal yang penting karena akan membantu saat mengalami menstruasi untuk pertama kali. Namun, mengajarkan menstruasi ke anak laki-laki juga tidak kalah pentingnya.

Banyak laki-laki yang mengejek teman perempuan yang menstruasi karena tidak mengerti kalau hal tersebut adalah proses yang normal. Banyak laki-laki yang merasa kalau menstruasi adalah hal yang menjijikkan atau bahkan menakutkan dan menjelaskan ke anak laki-laki sejak kecil akan membantu mereka saat sudah dewasa nanti.

“Mengapa penting untuk mengajarkan ke cowok juga? Karena kita semua lahir dari ibu, dan hal itu disebabkan oleh menstruasi. Ini adalah proses yang normal, dan mengajarkan anak laki-laki mengenai menstruasi akan membantu mereka agar tidak mengejek teman-temannya,” lanjut Silvia.

Artikel lain:Siklus Menstruasi dan Gejala Haid yang Tidak Normal