Sebab Teh Celup Tak Boleh Terlalu Lama Direndam Air Panas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi minuman teh.  Deb Lindsey for The Washington Post via Getty Images

Ilustrasi minuman teh. Deb Lindsey for The Washington Post via Getty Images

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum teh kini lebih praktis berkat inovasi berupa teh celup. Membuat teh celup lebih mudah dibanding teh tubruk. Selain lebih cepat, kita juga tidak perlu menyaring ampas daun teh.

Namun, kita perlu lebih berhati-hati ketika menyeduh teh celup. Kita sebaiknya tidak mencelupkan kantong teh di dalam air panas dalam waktu cukup lama.

Bukannya membuat rasa teh semakin kuat atau membuat khasiat teh semakin bertambah, membiarkan kantong teh tercelup terlalu lama dalam air panas malah bisa buruk untuk kesehatan. Hal ini terkait dengan adanya kandungan zat klorin pada kantong kertas teh celup.

Artikel lain:

Alasan Teh Tak Dianjurkan Diminum saat Sahur
Buka Puasa dengan Es Teh Rasa Campur Aduk, Ini Resepnya

Klorin umum digunakan sebagai bahan disinfektan untuk menghilangkan bakteri dari kertas bahan teh celup. Sayangnya, klorin dalam jumlah banyak juga berbahaya buat tubuh.

Masuknya klorin dalam jumlah banyak dalam tubuh bisa menyebabkan kanker, kemandulan, bayi lahir cacat, dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya mencelupkan kantong teh sesuai aturan, yakni sekitar tiga sampai lima menit. Cara ini untuk mengantisipasi agar klorin pada kantong teh tidak banyak yang ikut larut dalam minuman.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."