Kurang Apresiasi Pekerjaan Sebabkan Stres, Simak 7 Hal Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi pekerja stres. Shutterstock

Ilustrasi pekerja stres. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaStres terkait pekerjaan dapat menyebabkan gangguan saraf, membuat sulit tidur, dan menimbulkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan depresi. Sebab itu, sangat penting menemukan sumber stres Anda sangat penting untuk melawan dan mengatasinya.

Baca juga: Ciri Orang Stres di Tempat Kerja, Ada 2 Jenisnya

Ada beberapa situasi kerja tertentu yang bisa mengubah tingkat stres Anda. Melansir laman Boldsky, berikut beberapa penyebab stres terkait pekerjaan dan efeknya terhadap kesehatan:

#1. Terlalu sibuk bekerja
Jika Anda sudah sibuk sejak awal mulai bekerja hingga waktunya pulang, maka ini bisa berujung pada stres. Jenis pekerjaan yang memiliki beban besar, namun memiliki kontrol yang sangat rendah, dapat menyebabkan ketegangan psikologis.

#2. Kurang diapresiasi
Bila Anda sudah bekerja siang dan malam, namun tidak mendapatkan cukup apresiasi atau kompensasi, maka hal ini akan membuat Anda stres. Ini menunjukkan bahwa sudah saatnya Anda meninggalkan pekerjaan itu demi melindungi kesehatan Anda.

#3. Sendiri 
Bila Anda tidak memiliki teman yang dapat dipercaya atau atasan yang akan mendengarkan permintaan Anda, maka ini juga bisa mengurangi tingkat kesehatan Anda. Sistem pendukung yang baik dengan komunikasi yang cukup dengan rekan kerja akan membantu meringankan stres.

#4. Dituntut selalu profesional
Bila Anda harus berurusan dengan lingkungan yang kasar secara verbal, sekaligus juga harus mempertahankan profesionalisme, maka ini bisa membuat Anda stres. Anda perlu mendapatkan bantuan untuk dilatih dengan benar untuk menghadapi situasi atau pelanggan yang sulit.

5. Terperangkap teknologi
Anda dibekali dengan laptop dan ponsel pintar oleh perusahaan. Ini berarti Anda harus selalu ada dan siap sedia untuk mereka. Hal ini bisa mengganggu kehidupan pribadi Anda dan juga meningkatkan stres.

#6. Sindrom kelelahan
Jika Anda lelah secara fisik dan emosional ke titik hingga sulit untuk bekerja lagi, maka Anda mungkin mengalami sindrom kelelahan. Sindrom ini biasanya terjadi pada jenis pekerjaan dengan tingkat stres tinggi.

#7. Jadi target bullying
Dihina oleh atasan, diberi tenggat waktu yang tidak mungkin, dan dipermalukan di depan karyawan lain bisa menimbulkan stres yang tidak baik untuk tubuh Anda.

#8. Dikorbankan
Bekerja di tempat kerja yang tidak adil dan tidak transparan dapat memberikan pengaruh yang besar bagi Anda. Tidak adanya keadilan organisasional yang tepat dapat menyebabkan karyawan stres.

LUCIANA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."