Tips Aman Meninggalkan Rumah Selama Mudik, Perhatikan Nomor 5

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi mudik/jalan-jalan bersama keluarga. Shutterstock.com

Ilustrasi mudik/jalan-jalan bersama keluarga. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setelah menjalankan ibadah puasa selama Ramadan, umat muslim akan merayakan hari Lebaran. Banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut hari Raya bersama keluarga. Termasuk buat Anda yang terbiasa menjalani tradisi mudik. 

Baca juga: Tips Mengemas Pakaian Supaya Lebih Praktis saat Mudik Lebaran

Momen nudik ke kampung halaman tersebut tentu sangat dinantikan, meski harus meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama. Supaya mudik tetap nyaman, Anda harus pastikan meninggalkan rumah dengan kondisi aman. Berikut beberapa tips agar aman meninggalkan rumah saat mudik.

1. Pastikan jendela dan pintu telah terkunci rapat. 
Selain mengunci, bisa juga tambahkan perekat untuk mempersulit pencuri membukanya.

2. Menghentikan pengiriman surat dan koran. 
Surat dan koran yang menumpuk hanya akan membuat rumah tampak tak berpenghuni dan hal ini bisa memancing maling.

3. Mengatur waktu lampu otomatis. 
Biarkan lampu tetap menyala. Namun jika tidak menyalakan lampu akan membuat pencuri berpikiran bahwa rumah Anda sedang dalam keadaan kosong. Jika memiliki sistem lampu yang bisa hidup dan mati secara otomatis, ada baiknya Anda memaksimalkan fungsinya.

4. Titip ke tetangga atau satpam 
Hal ini untuk memastikan rumah Anda tetap aman. Alasannya, jika ada orang memperhatikan rumah maka pencuri pun bisa mengurungkan niat beraksi.

Simak juga: Pertama Kali Mudik Lebaran Bersama Anak, Simak Tipsnya Berikut

5. Jangan lupa cabut kontak listrik
Terutama dari segala barang yang tidak perlu menyala sepanjang hari. Bukan hanya kriminalitas saja yang dapat menerobos rumah Anda saat mudik lebaran nanti, namun bahaya juga bisa berasal dari barang-barang (terutama barang elektronik) yang dapat menyebabkan arus pendek dan membakar seluruh isi rumah.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."