Tips Mengemas Pakaian Supaya Lebih Praktis saat Mudik Lebaran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi persiapan mudik/travelling dengan koper. AP

Ilustrasi persiapan mudik/travelling dengan koper. AP

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lebaran masih sekitar dua minggu lagi. Namun tak ada salahnya mempersiapkan segala kebutuhan, terutama untuk yang berencana mudik  ke kampung halaman. 

Baca juga:  Pertama Kali Mudik Lebaran Bersama Anak, Simak Tipsnya Berikut

Selain mempersiapkan kondisi kendaraan atau tiket kendaraan jika mudik dengan transportasi umum, hal lain yang harus diperhatikan adalah saat berkemas pakaian. Supaya menghemat barang bawaan saat mudik Lebaran, ikut beberapa tips saat mengemas pakaian berikut ini. 

1. Keluarkan semua pakaian dan pilih yang dibutuhkan
Ketimbang Anda bingung ingin membawa baju apa saja, lebih baik kalian keluarkan dulu semua pakaian. Setelah itu baru pilih pakaian apa saja yang ingin kalian bawa mudik. Pakaian favorit pun jangan dibawa semuanya. Jangan lupa sisakan pakaian yang akan dibuat saat perjalanan mudik.

2. Gulung pakaian agar lebih hemat tempat
Siapkan koper atau tas yang akan kalian bawa untuk mudik. Setelah itu mulai gulung pakaian agar bisa muat lebih banyak dalam koper. Pertama lipat pakaian secara memanjang, setelah itu gulung dengar erat. Jika takut gulungan terlepas, bisa mengikatnya dengan karet. Namun, ingat, pakaian seperti dress yang mudah kusut jangan digulung karena nanti justru berantakan saat memakainya. 

3. Letakkan pakaian yang tebal di bagian bawah koper dan pakaian yang mudah kusut di bagian atas
Pakaian yan berbahan tebal seperti celana jeans atau sweater lebih baik kalian taruh di bagian bawah koper. Setelah itu, pada bagian atasnya taruhlah pakaian yang berbahan tipis seperti pakaian yang terbuat dari bahan katun tipis hingga linen. Jika kalian takut pakaian tipisnya kusut karena ditaruh dalam koper, kalian juga bisa membungkusnya dengan plastik terlebih dahulu.

Simak juga: Ingin Mudik dengan Balita, Jangan Lupa Perlengkapan Berikut

4. Pisahkan peralatan mandi dan kosmetik dalam tempat khusus
Peralatan mandi dan juga kosmetik tentunya penting untuk dibawa mudik. Jangan lupa taruhlah peralatan mandi dan juga kosmetik ke dalam tempat khusus yang tentunya kedap air. Jadi misalkan ada barang yang tumpah maka nggak akan mengotori pakaian yang ada di dalam koper.

5. Jangan lupa manfaatkan ruang kosong yang ada di dalam koper
Ruang kosong dalam koper sebaiknya tidak disia-siakan. Anda bisa menaruh celana dalam ataupun kaos kaki di sela-sela pakaian yang sudah ditata dalam koper. Jika masih ada ruang kosong sangat banyak, maka Anda bisa menaruh tas untuk menyimpan gadget di dalam koper agar lebih praktis.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."