Sayangi Ginjal. Hindari 8 Kebiasaan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi ginjal (Pixabay.com)

Ilustrasi ginjal (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tanpa sadar memupuk kebiasaan secara bertahap yang memiliki efek sendiri dalam jangka panjang. Mungkin Anda memiliki kebiasaan makan terlalu banyak atau sedikit, minum terlalu banyak atau tidak minum sama sekali, setiap tindakan akan memiliki efek sendiri.

Beberapa kebiasaan perlahan merusak kesehatan dan secara bertahap dapat berubah menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Kebiasaan berikut bisa mengancam ginjal, seperti dilansir Boldsky.

Baca juga:

Ginjal, Tak Kenal Maka Tak Sayang. Pahami Fungsinya

#Terlalu banyak makan daging
Makan terlalu banyak daging dapat merusak ginjal dalam jangka panjang. Tingginya kadar protein meningkatkan beban pada ginjal.

#Menunda buang air kecil
Beberapa dari Anda memiliki kebiasaan menunda panggilan alam. Menunda buang air kecil dapat menyebabkan bakteri dalam urine berkembang biak dan dapat menyebabkan infeksi, seperti infeksi saluran kemih, uremia, dan nefritis.

#Terlalu banyak konsumsi gula
Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan kadar protein dalam sistem yang mungkin membebani ginjal. Bahkan, jika air seni mengandung protein tinggi, itu bisa menjadi tanda masalah ginjal.

#Sering minum obat penghilang rasa sakit
Bahkan, obat penghilang rasa sakit dapat membunuh ginjal jika terlalu sering, juga hati.

Ilustrasi perempuan minum alkohol. Shutterstock

#Terlalu banyak konsumsi alkohol
Alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan endapan asam urat dalam tubulus ginjal. Hal ini bisa mengakibatkan gagal ginjal.

#Terlalu banyak konsumsi garam
Konsumsi garam berlebihan dapat mengganggu ginjal. Terlalu banyak sodium juga dapat menyebabkan retensi air dan tekanan darah tinggi.

#Kurang tidur
Bahkan, kurang tidur adalah kebiasaan yang dapat mengganggu ginjal. Hanya saat tidur tubuh akan dapat memperbaiki jaringan yang rusak di ginjal.

#Kurang minum air
Jika tidak minum cukup air, sirkulasi darah akan terpengaruh dan bahkan ginjal gagal untuk bekerja secara efisien dalam menghilangkan racun.

Artikel lain:

Awas, 4 Hal Ini Bisa Merusak Ginjal

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."