Ginjal, Tak Kenal Maka Tak Sayang. Pahami Fungsinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Penyakit ginjal sangat berbahaya karena jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal dan berujung pada kematian.

Penyakit ginjal sangat berbahaya karena jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal dan berujung pada kematian.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sudah tahu kalau ginjal adalah organ penting tubuh tapi apakah sudah memahami fungsi sebenarnya? Bila tak memahami apa itu ginjal dan fungsinya, maka tak akan timbul rasa sayang pada organ kembar ini sehingga tak menyadari bila ada gejala sesuatu yang tak beres.

Ginjal juga disebut renal atau nefrologis dalam istilah medis, berasal dari "renes" dalam bahasa Latin yang berarti ginjal, sama dengan nephros yang juga berarti ginjal dalam bahasa Yunani. Nefrologi adalah spesialisasi dalam ilmu kedokteran yang berkaitan dengan penyakit ginjal dan orangnya disebut nefrolog.

Artikel lain:

Manfaat Prosedur Embolisasi Ginjal yang Dilakukan Melania Trump

Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang merah dan posisinya lebih dekat ke tulang belakang daripada ke perut dan berada di bawah sangkar rusuk. Ukuran normalnya antara 8-14 centimeter dengan berat masing-masing sekitar 120 gram. Ukuran tersebut bervariasi, tergantung pada ukuran tubuh dan ukuran yang tidak normal bisa menjadi penanda adanya masalah pada ginjal. Sekitar 1.440 liter darah mengalir melalui ginjal setiap harinya.

Sepanjang hari ginjal bekerja keras tanpa suara membersihkan darah dari racun dan zat-zat tak terpakai dari sistem metabolisme. Semua zat tersebut dibuang melalui cairan yang disebut urine. Seperti dilansir Very Well, tugas ginjal tak hanya memproduksi urine tapi juga mengontrol kadar elektrolit agar sesuai kebutuhan tubuh.

Fungsi penting ginjal lain adalah menjaga konsentrasi darah dengan cara menyimpan atau membuang air dalam darah. Contohnya bila kita berolahraga di bawah cuaca panas dan kurang minum air putih maka urine pun berwarna lebih gelap dan kental. Bila udara sejuk dan kita tidak berkeringat, urine pun berwarna cerah. Perubahan konsentrasi dan volume urine diatur oleh ginjal.

Baca juga:
Kisah Inspiratif Viara, Tetap Mandiri Meski Sakit Ginjal

Fungsi lain ginjal yang tak penting adalah:

*Memproduksi hormon yang penting bagi pembentukan sel-sel darah merah, yakni eritropoietin
*Ikut menjaga tulang tetap sehat dengan memproduksi vitamin D
*Membuang kelebihan asam dari proses metabolisme
*Mengontrol tekanan darah

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."