Awas, 4 Hal Ini Bisa Merusak Ginjal

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Yayuk Widiyarti
Rabu, 10 April 2019 19:51 WIB
Awas, 4 Hal Ini Bisa Merusak Ginjal

CANTIKA.COM, Jakarta - Ginjal merupakan salah satu organ penting dan memiliki banyak fungsi vital untuk tubuh. Beberapa fungsi penting ginjal antara lain menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tingkat garam dalam darah, dan masih banyak lagi. 

Banyaknya fungsi ginjal seharusnya membuat kita lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatannya. Selain itu, hentikan empat kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti di bawah ini. 

Baca juga:
Kisah Inspiratif Viara, Tetap Mandiri Meski Sakit Ginjal
Ginjal, Tak Kenal Maka Tak Sayang. Pahami Fungsinya

#Terlalu banyak makanan olahan
Makanan olahan memang tak sehat untuk tubuh. Terbiasa mengonsumsi makanan olahan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Makanan olahan banyak mengandung fosfor dan natrium, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa merusak ginjal. 

#Kurang minum air putih
Air putih sangat penting bagi tubuh. Saat kekurangan asupan air, tubuh bisa dehidrasi dan membuat pikiran tidak bisa konsentrasi hingga lemas. Selain itu, dengan banyak minum air putih juga baik bagi ginjal karena bisa membuang racun dari tubuh. Dehidrasi memang berbahaya bagi tubuh karena bisa menimbulkan batu ginjal dan merusak ginjal. 

Ilustrasi garam. Shutterstock

#Mengonsumsi garam terlalu banyak
Makanan yang mengandung banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi garam ini juga bisa membahayakan ginjal karena harus bekerja keras untuk mengeluarkan garam yang berlebih. 

#Sering menahan buang air kecil
Menahan buang air kecil sangat tidak baik bagi kesehatan. Saat buang air kecil, kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi, saat sering menahan buang air kecil maka bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Selain 4 hal di atas, waktu tidur yang tidak teratur dan terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa menyebabkan munculnya penyakit ginjal.

TEEN