Kiat agar Tubuh Tetap Ternutrisi selama Puasa Ramadan

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

kesehatan

Kiat agar Tubuh Tetap Ternutrisi selama Puasa Ramadan

Rabu, 15 Mei 2019 21:21 WIB
Reporter : Antara Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga nutrisi tubuh adalah syarat penting untuk mempertahankan stamina dan tenaga saat beraktivitas di siang atau malam hari. Tidak berbeda dengan hari biasa, aktivitas selama Ramadan juga menuntut asupan nutrisi yang cukup agar puasa dan bekerja tidak terganggu.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga nutrisi secara tepat selama berpuasa menurut spesialis gizi klinis dr. Diana F. Suganda.

Baca juga:Pilih 5 Buah Ini untuk Sahur dan Buka Puasa, Simak Alasannya

1. Prinsip gizi seimbangMeski ada keterbatasan waktu makan saat berpuasa dibandingkan hari biasa, kebutuhan nutrisi tubuh tidak berubah. Karena itu, kita tetap perlu menjaga asupan gizi agar tetap seimbang, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Jumlah energiEnergi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa tidak berbeda dengan hari biasa, yaitu 1.500 kalori per hari.

3. Tidak melewatkan waktu makanMeski memiliki banyak kegiatan yang sering menyita waktu, usahakan untuk tidak melewatkan waktu makan saat berpuasa, yakni saat sahur dan saat berbuka.

4. SahurSaat sahur, tubuh kita perlu mendapatkan asupan nutrisi karbohidrat dan protein yang cukup. Selain itu, kita juga perlu mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi yang diperlukan saat beraktivitas di siang hari.

5. Hindari makanan berlemak tinggiMakanan berlemak tinggi yang perlu dihindari selama berpuasa di antaranya gorengan atau makanan lain yang bersantan.

6. Hindari konsumsi teh dan kopi saat sahurSaat makan sahur kita sebaiknya tidak minum teh atau kopi karena keduanya dapat mengurangi cairan tubuh.

Ilustrasi kurma dan madu. shutterstock.com

7. Karbohidrat dan proteinMakanan yang perlu dikonsumsi saat berbuka adalah makanan yang mengandung karbohidrat simpel, seperti kurma atau buah potong dan juga berprotein seperti susu.

8. Makan malamSaat makan malam perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein, seperti daging, ayam, selain sayur dan buah-buahan.

9. Aktivitas fisikAktivitas fisik seperti berolahraga dapat dilakukan menjelang waktu berbuka atau setelah berbuka dengan ketentuan minimal antara 30-40 menit.

10. Konsumsi air mineralTips yang terakhir adalah dengan tetap mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air mineral minimal 2 liter atau delapan gelas per hari.

Artikel lain:Jaga Kesehatan Lambung di Bulan Puasa dengan Kunyit