Pilih 5 Buah Ini untuk Sahur dan Buka Puasa, Simak Alasannya

Ilustrasi buah kalengan. agrofoods.cl

kesehatan

Pilih 5 Buah Ini untuk Sahur dan Buka Puasa, Simak Alasannya

Selasa, 7 Mei 2019 21:25 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Di bulan Ramadan, kita sering kebingungan menentukan menu untuk sahur dan berbuka puasa. Minggu-minggu pertama pasti akan bersemangat untuk menentukan menu makanan, tapi mendekati akhir bulan puasa, kebanyakkan mulai malas-malasan dan hanya makan seadanya.

Saat berpuasa, tubuh akan mengeluarkan energi tapi tidak mendapatkan asupan energi kecuali waktu berbuka puasa. Bila punya aktivitas segudang dan menu makan sahur dan buka puasa sembarangan, bisa-bisa batal di tengah jalan dan berujung harus menambah utang puasa karena jatuh sakit.'

Baca juga:Persiapkan Diri Menjelang Puasa Ramadan dengan 9 Cara BerikutSyarat untuk Ibu Hamil bila Ingin Puasa Ramadan

Salah satu menu yang tidak boleh ketinggalan saat sahur dan berbuka puasa adalah buah. Buah-buahan memang menjadi salah satu sumber energi yang rasanya enak dan mudah didapatkan.

Anda juga tidak perlu bingung-bingung mengolahnya karena buah bisa langsung dikonsumsi. Selain kurma, berikut buah-buahan yang baik dikonsumsi di bulan Ramadan.

pepaya (pixabya.com)

1. PepayaPepaya memiliki segudang manfaat untuk pencernaan. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung betakaroten, beta-kriptosantin, lutein, dan zeaksantin yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, pepaya juga kaya vitamin C sehingga baik dikonsumsi oleh yang tidak suka jeruk.

Blewah. ANTARA/Ardiansyah Indra Kumala

2. BlewahBlewah merupakan salah satu buah primadona saat bulan puasa. Blewah mengandung kalium yang tinggi dan dapat membantu tubuh membersihkan karbondioksida dari dalam darah dan juga memicu kerja otot dan simpul saraf. Blewah juga mengandung sukrosa, fruktosa, dan juga air yang akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa.

Ilustrasi belimbing. Pixabay.com/chrisad85

3. BelimbingBelimbing juga baik dikonsumsi saat bulan puasa karena memiliki khasiat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, mencegah kanker, mengatasi gangguan pada ginjal, mengatasi tekanan darah tinggi, mencegah munculnya minyak berlebih, dan sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, seringkali karena berpuasa kondisi tubuh menurun karena pola hidup yang berubah tiba-tiba. Untuk itu kita harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi buah.

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

4. ManggaMangga cocok untuk disantap setelah berbuka puasa karena mengandung air, serat, karbohidrat, tanin, volatil, vitamin dan mineral, gula sederhana (glukosa, sukrosa, fruktosa), pati, dan juga selulosa. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang karena beraktivitas saat berpuasa.

Ilustrasi wanita hamil dan buah pir. shutterstock.com

5. PirPir juga baik kdikonsumsi di bulan puasa. Pir mengandung asam klorogenat yang mampu berperan sebagai antioksidan dan berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa. Pir juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang cukup banyak, menjadikan buah ini menjadi salah satu yang cocok memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa.

TEEN