Resep Panekuk Madu, Cocok buat Buka Puasa

Reporter: Antara
Editor: Yayuk Widiyarti
Senin, 13 Mei 2019 16:02 WIB
Resep Panekuk Madu, Cocok buat Buka Puasa

CANTIKA.COM, Jakarta - Apapun namanya, kue dadar, panekuk, atau istilah asingnya pancake, menjadi sajian yang identik dengan Ramadhan di banyak negara di Timur Tengah. Di beberapa negara Arab, panekuk disebut qatayef (atayef di Mesir).

Penyajian panekuk diisi campuran kacang atau krim. Kemudian kue dipanggang atau digoreng, lalu disiram dengan sirup manis. Di negara-negara Afrika Utara, macam Maroko dan Aljazair, panekuk disebut beghrir yang disajikan dengan banyak mentega dan madu manis dari pegunungan Atlas.

Buat yang tertarik menghidangkan panekuk untuk Ramadan kali ini, coba resep Pancake Honeycomb Maroko, seperti dilansir The Washington Post.

Resep lain:
Camilan Buka Puasa Sore Ini, Resep Risoles Ayam Keju
Buka Puasa dengan yang Manis, Resep Risoles Pandan Kacang Hijau

Bahan (untuk enam porsi):
-1 1/2 sendok teh ragi kering
-1 1/2 sendok teh gula
-1 1/2 gelas air hangat
-2 cangkir tepung 1/8 sendok teh garam
-1 sendok teh air bunga jeruk (umum digunakan di Timur Tengah)
-Minyak canola

Cara membuat:
-Campurkan ragi, gula, dan 1/4 gelas air hangat dalam mangkuk kecil. Aduk sampai ragi dan gula larut.

-Ayak tepung dan garam ke dalam mangkuk besar dan buat semacam lubang di tengahnya. Tuang campuran ragi, tambahkan sisa 1 1/4 gelas air hangat, lalu air bunga jeruk. Kocok sampai adonan menjadi halus.

-Tutup mangkuk dengan bungkus plastik, kemudian dengan handuk bersih yang kering. Tempatkan adonan di tempat yang hangat dan biarkan adonan naik selama satu jam yang akan melembung ketika sudah siap.

-Panaskan 1 sendok makan minyak dalam wajan besar di atas api sedang sampai minyak berkilau. Buatlah beberapa panekuk menggunakan adonan.

-Masak selama 3 hingga 5 menit sampai bagian atas panekuk penuh dengan lubang dan keringkan di atasnya. Gunakan spatula tipis untuk memindahkannya ke piring saji, atur dalam pola yang tumpang tindih.

-Tambahkan ke atas panekuk dengan mentega dan madu. Sajikan dalam kondisi hangat. Untuk hasil yang optimal, sajikan panekuk dengan mentega dan madu berkualitas terbaik. Anda juga dapat menggunakan tepung semolina alih-alih tepung serbaguna untuk menambah tekstur.