Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Pakai Kaus Kaki saat Tidur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Kaus kaki anti slip by mensjournal

Kaus kaki anti slip by mensjournal

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang senang memakai kaus kaki saat tidur. Bukan hanya untuk menghindari rasa dingin di malam hari, tapi karena sudah terbiasa.

Memakai kaus kaki saat tidur memiliki manfaat yang besar buat kesehatan. Berikut di antaranya.

1. Membuat tidur lebih nyenyak
Buat yang mengalami gangguan sulit tidur, Anda bisa mulai mengenakan kaos kaki saat tidur. Pasalnya, gangguan sulit tidur ini sering terjadi pada orang-orang yang yang memiliki aliran darah yang tidak lancar. Berdasarkan penelitian, memakai kaus kaki ternyata mampu membantu melancarkan peredaran darah.

Aliran darah di kaki relatif sedikit. Tidak lancarnya aliran darah membuat kaki menjadi cepat sakit atau tidak nyaman, yang pada akhirnya akan mengganggu kualitas tidur dan membuat sulit tidur.

Artikel lain:

Jangan Biasakan Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki, Ini Sebabnya
Tips agar Kaki Lembut dan Mulus

2. Mencegah infeksi jamur dan bakteri pada kaki
Ada orang yang tidak suka tidur dengan menggunakan selimut karena merasa panas. Buat yang hobi tidur tanpa selimut, Anda harus mulai berhati-hati. Pasalnya, saat tidak menggunakan selimut, badan termasuk kaki akan dengan mudah dihinggapi debu. Debu yang hinggap pada kaki ini mengandung banyak bakteri dan jamur, yang pada akhirnya dapat menimbulkan infeksi pada kaki, seperti kadas, kurap, atau gatal-gatal.

Oleh karena itu, sangat disarankan buat yang tidak biasa memakai selimut saat tidur untuk setidaknya memakai kaos kaki agar mengurangi risiko menempelnya debu yang berisi bakteri dan jamur ini.

iustrasi kaus kaki (pixabay.com)

3. Mencegah tumit pecah-pecah
Bagian kaki sering luput dari perhatian. Alhasil, begitu sadar, tahu-tahu sudah ada saja masalah pada kaki. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah tumit yang pecah-pecah. Tumit yang pecah-pecah ini tentu mengganggu penampilan, terutama perempuan yang hobi menggunakan alas kaki terbuka.

Salah satu penyebab tumit yang pecah-pecah adalah cuaca dingin, yang biasanya dialami orang-orang yang tidur di dalam ruangan ber-AC. Suhu dingin pada ruangan dapat membuat kulit menjadi kering dan tentu saja bagian kaki menjadi korban. Untuk menanggulangi hal ini, biasakan gunakan kaus kaki saat tidur karena membuat kaki tetap hangat, lembut, dan tidak kering.

4. Mengatasi keringat berlebih pada kaki
Beberapa orang mengalami gangguan tidur berupa munculnya keringat yang berlebih pada kaki. Keluarnya keringat yang berlebih pada kaki ini biasa disebut dengan hiperhidrosis. Keringat yang keluar ini memberikan efek rasa lengket dan tentu saja mengganggu kenyamanan tidur. Tidak hanya itu, keringat berlebih juga menimbulkan bau kaki karena menjadi media berkembangnya kuman serta bakteri.

Untuk mengatasi kondisi ini, gunakan kaus kaki saat tidur untuk menyerap keringat berlebih sehingga kaki menjadi lebih kering dan permasalahan bau kaki pun bisa dihindari. Jangan gunakan kaus kaki yang sama berkali-kali agar tetap terjaga kebersihannya.

5. Menghaluskan dan melenturkan kulit kaki
Manfaat kelima dari memakai kaos kaki saat tidur adalah menghaluskan dan melenturkan kulit kaki, cocok untuk yang memiliki kulit kaki kering dan kasar. Selain memakai kaus kaki saat tidur, Anda juga bisa mengoptimalkan hasil dengan mengoleskan pelembab sebelum tidur, yang juga bisa mengatasi permasalahan bau kaki.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."