Gejala Kanker Nasofaring yang Harus Diwaspadai

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

Ilustrasi wanita flu. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pilek menahun yang tak kunjung sembuh dan kadang disertai darah merupakan gejalan kanker nasofaring. Kanker ini adalah kanker yang menyerang bagian belakang hidung dan mulut. Terkadang banyak orang yang menganggap gejala tersebut sebagai gejala sinusitis.

Baca juga: Common Cold, Satu Penyakit yang Bolak-balik menyerang Anak

"Keluhan pasien biasanya gejalanya seperti sinusitis, atau pendengaran rasanya tertutup seperti ketika baru turun dari pesawat, dan penglihatan ganda," ujar Dr. dr. Cita Herawati, SpTHT-KL, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Cita, gejala lain yang patut diwaspadai adalah timbulnya benjolan di leher. Ia mengatakan 90 persen kemungkinan penyebab benjolan tersebut adalah adanya masalah di nasofaring. Jadi ia menyarankan untuk segera memeriksakan kondisi nasofaring ke dokter.

"Apabila timbul benjolan di leher, sebaiknya segera periksakan kondisi nasofaring. Jangan melakukan pembedahan terhadap benjolan tersebut karena dapat menyebabkan penyebaran sel kanker," kata Dr. dr. Cita Herawati, SpTHT-KL.

Artikel lain: Faktor Penyebab Cinta Penelope Menderita Kanker dan Lumpuh

Kanker nasofaring adalah kanker yang tumbuh di area tersembunyi bagian belakang hidung dan mulut (nasofaring). Saat ini, jumlah pengidap kanker nasofaring menduduki posisi keempat di Indonesia, setelah kanker leher rahim, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."