Mengempeskan Jerawat Tanpa Obat, Cukup Coba 3 Bahan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Munculnya jerawat di wajah tidak bisa diperkirakan. Tiba-tiba saja muncul, besoknya sudah jadi besar.

Jerawat memang cepat membesar karena pertumbuhan bakteri semakin pesat saat malam hari. Jika Anda sudah merasakan adanya jerawat yang akan muncul di wajah, coba cara alami berikut untuk menghilangkannya.

#Campuran madu dan kayu manis
Madu terkenal ampuh sebagai antibakteri dan antiinflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengempiskan jerawat dalam sekejap. Sedangkan kayu manis punya khasiat sebagai antimikroba. Selain itu, senyawa sinamaldehida dan eugenol yang terkandung dalam minyak atsirinya merupakan antioksidan yang baik. Campuran dua bahan alami ini akan menghambat infeksi bakteri dan mengurangi peradangan jerawat.

Cara membuatnya cukup dengan mencampur bubuk kayu manis dan madu dengan takaran 1:1 sehingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah atau area yang berjerawat, diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga:

Sering Bermasalah dengan Jerawat, Ketahui 5 Mitos dan Faktanya
Makanan dan 4 Faktor Ini Bisa Sebabkan Jerawat Muncul di Punggung

#Pasta gigi
Selain untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga ampuh untuk menghilangkan jerawat. Kandungan triklosan, hidrogen peroksida, dan silika yang terkandung pada pasta gigi mampu membunuh bakteri, anti inflamasi, dan dapat membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Selain itu, kandungan mentol yang dingin dan menyegarkan dapat meredakan rasa nyeri dan peradangan akibat jerawat. Untuk mengempiskan jerawat, kita bisa mengaplikasikan pasta gigi langsung pada area berjerawat yang sudah terlebih dahulu dibersihkan dengan pembersih wajah atau air hangat. Biarkan pasta gigi mengering atau diamkan semalam kemudian esok paginya baru bersihkan wajah dengan air biasa.

#Es batu
Jika tidak mau ribet dengan masker atau bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat, es batu bisa digunakan sebagai cara praktis untuk mengempiskan jerawat, terutama yang terlanjur meradang. Menempelkan es batu pada area berjerawat dapat mengurangi peradangannya. Kita juga bisa memijat wajah dengan es batu untuk mengecilkan pori-pori sehingga mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Lakukan selama 15-20 menit, sampai kulit wajah terasa dingin atau mati rasa.

Selain membantu mengempiskan peradangan, suhu rendah dari es juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Gunakan cara ini pada pagi, siang, dan malam hari untuk mengompres jerawat agar hasilnya cepat terlihat.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."