Sering Bermasalah dengan Jerawat, Ketahui 5 Mitos dan Faktanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesal dengan jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang adalah jerawat. Saat kelenjar sebaceous kulit menghasilkan sebum ekstra, maka akan terakumulasi di pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

Baca juga: 4 Sebab Beruntusan atau Jerawat Kecil di Dahi, Cegah Sejak Dini

Biasanya jerawat paling sering terjadi selama masa remaja. Meski begitu, jerawat juga bisa terjadi di kalangan wanita di usia 20-an dan 30-an. Ada mitos-mitos tertentu seputar masalah perawatan kulit umum ini yang memang dapat menyebabkan kerusakan lebih pada kulit jika tidak diluruskan. Mengutip laman Boldsky, berikut mitos dan fakta tentang jerawat yang perlu kamu ketahui.

#1. Jerawat muncul karena faktor kebersihan
Tentu saja jerawat disebabkan ketika pori-pori tersumbat. Tapi pori-pori ini tidak terakumulasi dengan kotoran dari luar tetapi dengan ekstra sebum yang dihasilkan pada kulit. Sebab itu, mencuci wajah terlalu sering agar tetap bersih dan higienis tidak dapat mencegah jerawat. Justru mencuci wajah terlalu sering, dapat membuat kulit kering, sehingga menyebabkan lebih banyak sekresi sebum pada kulit. Pada akhirnya akan menimbulkan lebih banyak jerawat.

#2. Jerawat tidak membutuhkan bantuan medis
Ini adalah sesuatu yang harus kita sadari. Jerawat yang normal dapat diobati melalui pengobatan rumahan tetapi jerawat yang parah membutuhkan bantuan medis. Jika tidak diobati pada waktunya, ini dapat menyebabkan masalah kulit yang parah termasuk gatal, pendarahan, dan lainnya. Bahkan jerawat dapat mempengaruhi kesehatan mental, seperti kecemasan dan kurang percaya diri.

#3. Terlalu sering menggunakan pakai makeup, sebabkan jerawat
Makeup tidak dapat menyebabkan jerawat. Tapi jika tidak merawat kulit setelah memakainya, maka itu mungkin menyebabkan jerawat. Menggunakan produk makeup yang telah melewati tanggal kadaluwarsa, tidak membersihkannya setiap kali setelah memakainya, dan lainnya dapat menyebabkan jerawat dan bukan dengan aplikasi makeup sendiri.

#4. Memencet jerawat dapat membersihkan seluruhnya
Kita semua tergoda untuk memencetnya untuk membersihkan jerawat. Tapi hal itu justru memperburuk kondisi kulit. Misalnya kulit akan meradang, dan dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

#5. Sinar matahari dapat mengurangi jerawat
Jerawat terkait dengan peradangan dan ada kemungkinan bahwa paparan sinar matahari dapat mengurangi peradangan. Tapi tunggu itu hanya untuk sementara waktu. Paparan sinar matahari berlebihan dapat memecah kolagen yang bermanfaat untuk kulit. Kekurangan kolagen juga dapat menyebabkan jerawat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."