Makanan dan 4 Faktor Ini Bisa Sebabkan Jerawat Muncul di Punggung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi jerawat di punggung. Shutterstock

Ilustrasi jerawat di punggung. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat yang muncul di wajah sangat menyebalkan. Begitu juga jika jerawat tumbuh di punggung. Tentu membuat kamu tak ingin menggunakan gaun strapless atau tank top.

Baca juga: Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Memicu Jerawat

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyingkirkan jerawat di punggung. Mengutip laman Good Housekeeping, berikut ini adalah penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya

#1. Hindari produk yang menyumbat pori-pori
Kondisioner, tabir surya, krim tubuh dan minyak pijat dapat menyumbat pori-pori kulit, sehingga menyebabkan jerawat muncul di punggung. Sebab itu, saat menggunakan kondisioner balikan rambut ke depan dan bilas ke untuk menghindari sisa sampo dan kondisioner di punggung Anda. Sedangkan untuk sunscreen pilih yang formulanya sangat ringan, dan sebaiknya pilih losion di musim panas daripada krim karena kandungan minyak yang lebih sedikit.

#2. Pilihan pakaian
Olahraga tentu sangat baik untuk tubuh, tapi bisa menyebabkan jerawat di punggung jika tidak hati-hati. Gesekan dari bra olahraga yang ketat dapat mengiritasi akar rambut dan menyebabkan benjolan merah. "Setelah olahraga Anda harus mandi," kata Tami Cassis, asisten profesor klinis dermatologi di The University of Louisville, Amerika Serikat.

#3. Rentan berjerawat
Jika Anda termasuk memiliki keturunan kulit yang rentan berjerawat, jadi jangan terkejut jika jerawat muncul juga di punggung. Cobalah menggunakan sabun atau pembersih asam salisilat atau asma glikolat yang dijual bebas saat mandi.  

#4. Makanan sembarangan
Apa yang baik untuk jantung juga baik untuk kulit. Jadi, cobalah makan makanan yang seimbang. Menariknya, beberapa penelitian memang menunjukkan hubungan antara diet yang tinggi dalam produk susu dan jerawat. Begitu banyak dermatologists menyarankan untuk mengurangi kelebihan susu - beberapa gelas susu atau porsi keju sehari - daripada  menghentikannya bersama-sama.

#5. Tidak membersihkan punggung
Bagian punggung juga harus dibersihkan saat mandi. Karena itu salah satu daerah yang paling rawan jerawat, Anda perlu memperlakukannya seolah-olah itu adalah kulit wajah. Dengan membersihkannya, akan membantu menjaga folikel tetap bersih dan tidak tersumbat, sehingga tidak rentan muncul jerawat. Orang juga mulai mengobati jerawat dengan perangkat ringan, yang merupakan alternatif yang bagus dan efektif untuk perawatan tradisional.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."