Tips Makeup untuk Pemilik Kelopak Mata Berminyak

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Jumat, 19 April 2019 08:31 WIB
Tips Makeup untuk Pemilik Kelopak Mata Berminyak

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beberapa bagian wajah tertentu yang memiliki kondisi minyak berlebih. Seperti hidung, dahi, dan bahkan kelopak mata. Kondisi kelopak mata yang berminyak tentu membuat Anda menghabiskan lebih banyak waktu saat makeup terutama di bagian mata.

Baca juga: Saat Makeup Captain Marvel di Avengers: Endgame Diprotes

Menurut ahli, penyebab kelopak mata berminyak cukup beragam. "Kelopak mata bisa menjadi berminyak karena penggunaan krim mata berlebihan dan produk yang berpotensi minyak lainnya," kata dokter spesialis kulit Jeanine Downie yang berbasis di New Jersey Amerika Serikat seperti dilansir dari lamah Instyle.

Penyebab lainnya adalah dari faktor keturunan dan menggunakan produk pembersih riasan mata. Semua jenis kulit bisa mengalami hal ini. Jadi tidak perlu heran jika seluruh kulit kering kecuali di bagian kelopak mata.

Saat makeup, hal yang pertama mungkin Anda lakukan adalah menghindari pemakaian eyeshadow krim atau bubuk. Tapi Anda dapat mensiasatinya dengan mengubah rutinitas perawatan kulit dan makeup untuk mengurangi kelebihan minyak.

Artikel lain: Suka Pakai Tabir Surya, Jangan Lupakan Kelopak Mata

Jeanine Downie merekomendasikan untuk mengganti pembersih makeup Anda saat ini dengan yang memiliki formula tanpa minyak. Selain itu gunakan eyeshadow yang bebas minyak serta mengaplikasikan bedak pada kelopak mata sebelum menerapkan eyeshadow. Ia juga mengingatkan agar menghindari beberapa produk tertentu. Seperti petroleum jelly dan produk yang mengandung mineral oil yang hanya dapat membuat kelopak mata terlihat semakin berminyak.