Tips untuk Ibu Mengatasi Kurang Tidur Usai Melahirkan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu dan bayi. Myhealthnewsdaily.com

Ilustrasi ibu dan bayi. Myhealthnewsdaily.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Biasanya para ibu yang baru melahirkan membutuhkan waktu untuk proses pemulihan. Bahkan tak sedikit yang mengalami kurang tidur, mulai dari proses melahirkan yang bagi sebagian ibu cukup lama, sampai waktu yang dihabiskan untuk merawat buah hati.

Baca juga: Pasca Melahirkan, Eriska Rein Tak Buru-buru Turunkan Berat Badan

Tak heran jika waktu tidur ibu berkurang. Namun hal ini yang sering terabaikan. Kenali tanda-tanda kekurangan tidur dan bagaimana cara mengatasinya. Melansir laman Boldsky, tanda-tanda jika ibu kekurangan antara lain merasa sangat lelah, mudah marah dan sensitif, merasa bingung dan canggung, sangat emosional,mengalami kesulitan berkomunikasi atau menemukan kata-kata yang tepat, merasa stres, nafsu makan berkurang,- sulit berkonsentrasi pada tugas sederhana sekalipun.

Nah untuk menjaga konsentrasi dan stamina, ibu dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

#1. Hindari kafein
Kafein malah dapat menyebabkan Anda kurang tidur. Hindarilah kafein saat ibu dalam masa menyusui. Pilihlah air kelapa atau lemon yang menyegarkan

#2. Olahraga
Berolahraga dapat membantu kesadaran dan konsentrasi ibu menyusui. Pilihlah yoga atau olahraga ringan kapan pun Anda mempunyai waktu.

#3. Skala prioritas pekerjaan rumah 
Jangan mencoba untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah sendiri, buat skala prioritas. Jangan sampai ibu merasa kelelahan, menjaga kesehatan jauh lebih penting.

#4. Minta bantuan
Cobalah meminta atau mempekerjakan seseorang untuk membantu. Memanfaatkan fasilitas jasa pengiriman untuk memesan makanan atau langganan katering. 

#5. Istirahat yang cukup
Usahakan dapat tidur dengan ritme waktu yang sama setiap hari. Gunakan kesempatan istirahat jika si kecil sedang tidur.

#6. Konsumsi makanan yang sehat
Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika menginginkan konsumsi suplemen seperti penambah darah, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Untuk ibu bekerja, cobalah untuk beristirahat sejenak saat jam makan siang. Hindari dulu mengemudi kendaraan. Pilihlah untuk menggunakan transportasi umum atau menyewa supir. Saat tidur di malam hari, ibu dapat menggunakan minyak esensial seperti minyak lavender agar dapat tidur nyenyak.

DINA ANDRIANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."