8 Cara Mengenali Kulit Sensitif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

Ilustrasi kulit wajah sensitif. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki kulit sensitif, Anda tidak sendiri. Faktanya, berdasarkan ahli dermatologi Jessica Wu, 70 persen orang berpikir mereka memiliki kulit yang sensitif. Tapi mereka mungkin tidak memiliki kulit sensitif pada kenyatannya.

Baca juga: Perawatan Kulit Sensitif ala Nadia Purwoko

Saat menentukan apakah kulit Anda sensitif atau tidak, bisa terlihat dari rutinitas perawatan pribadi Anda. Bagaimana cara anda merawat kulit, dan memperhatikan barang-barang yang bersentuhan dengan kulit. Misalnya, deterjen dengan wewangian, produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dan sebagainya.

Benda-benda yang bersentuhan langsung dengan kulit bisa mempengaruhi kondisi kulit. Pastikan Anda selalu merawat kulit dengan lembut dan kasih sayang. Gunakan selalu produk yang lembut, yang bisa menjaga kelembaban kulit Anda. Melansir laman Bustle, berikut ini tanda-tandanya kulit Anda termasuk kategori kulit sensitif.

#1. Bercak atau ruam muncul dengan mudah
Kalau kulit Anda mudah mengeluarkan bercak atau ruam karena memakai produk tertentu dan kondisi cuaca, artinya Anda mempunyai kulit yang sensitif.

#2. Kulit tidak menyerap wewangian dengan baik
Produk dengan wewangian tidak bereaksi dengan baik pada kulit sensitif. Wewangian bisa terlalu kuat dan membuat kulit iritasi. 

#3. Produk membuat wajah Anda merah atau menyengat
Sebuah tanda sensitivitas pada kulit adalah ketika produk yang dipakai sering menyebabkan wajah menjadi kemerahan atau bahkan menyengat. “Anda tahu, kulit Anda sensitif jika sebagian besar produk yang Anda pada pakai menyebabkan kemerahan atau menyengat,” kata ahli kulit Dr. Elizabeth Tanzi.

#4. Anda memiliki alergi
Ada korelasi antara alergi yang Anda miliki dengan kulit sensitif. Pastikan dengan pemeriksaan pada dokter, apakah alergi Anda bisa menyebabkan masalah pada kulit.

#5. Anda belum mengubah perawatan kulit sejak lama sementara wajah Anda masih iritasi
Jika kulit Anda masih merah atau kering setelah melakukan perawatan yang sama, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Hal ini untuk mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk menyembuhkan kulit Anda.

#6. Kulit Anda sering mengelupas
Kulit yang terkelupas menandakan ada sesuatu pada kelembaban kulit Anda. Pengelupasan yang berlebihan bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan bahan kimia untuk pengelupasan. Selain itu juga bisa disebabkan karena kelembaban kulit berkurang sangat parah. Seimbangkan kulit anda dengan menggunakan pelembab yang mengandung asam hyaluronic.

Artikel lain: Bahan Alami dari Korea untuk Kulit Sensitif

#7. Kulit Anda terasa gatal
Kulit gatal merupakan gejala kulit kering yang parah. Kembalikan kelembaban kulit dengan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang lebih lembut dan menghidrasi kulit, untuk mengisi kelembaban alami kulit.

#8. Kulit memerah
Jika kulit Anda terus memerah, mungkin tanda mengidap rosacea. Masalah kulit sensitif ini dikategorikan oleh kulit yang memerah karena adanya gangguan sedikit pada kulit, dan sering disertai dengan benjolan kecil. Ketika Anda mendapat kondisi kulit seperti ini, diskusikan dengan ahli perawatan kulit daripada mendiagnosanya sendiri. Ini adalah cara termudah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat untuk kulit. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."