Kebiasaan yang Merusak Rambut, Cara Menyisir sampai Kondisioner

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Minggu, 14 April 2019 08:25 WIB
Kebiasaan yang Merusak Rambut, Cara Menyisir sampai Kondisioner

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita seringkali tidak menyadari apa yang kita lakukan sehari-hari pada rambut bisa membuat rambut rusak dengan cepat. Salah satu contohnya menggunakan produk styling rambut. 

Baca juga: Solusi Mudah Atasi Rambut Mengembang, dari Madu sampai Susu

Setelah merawatnya dengan benar, tapi kemudian jadi sia-sia karena menggunakan hair spray untuk merapikan rambut. Hal ini justru menambah rusak helai-helai rambut. Berikut ini beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan.

#1. Tidur dalam keadaan rambut basah
Rambut basah sangat rapuh dan mudah tergores. Majukan waktu mandi, agar rambut mengering lebih cepat. Bisa juga gunakan sarung bantal berbahan satin untuk menimilalisir kerusakan.

#2. Mengeringkan rambut saat masih sangat basah
Semakin cepat mulai melakukan pengeringan, semakin lama rambut anda terkena panas. Sebaikknya, biarkan rambut anda kering setengahnya, sebelum mulai menggunakan alat pengering.

#3. Mencatok terlalu agresif
Kombinasi dari panas, menjepit rambut dan menariknya sangat mengerikan untuk rambut anda. Triknya, biarkan rambut anda benar-benar kering. Lalu catok dengan sedikit terbuka. Dengan cara itu Anda masih mendapatkan panas, hanya tidak begitu langsung.

#4. Menyisir dari atas ke bawah
Ini terdengar berlawanan dengan intuisisi, tapi anda harus memulainya dari bawah. Dengan begitu, anda bisa membuka ikatan.

#5. Mengikat rambut terlalu sering
Kepang yang cantik atau bahkan ekor kuda yang sederhana bisa menyebabkan kerusakan pada rambut jika terlalu sering. Rambu tyang diikat akan tegang, membuat rambut anda jadi lemah dan mudah rontok. Biarkan rambut anda tergerai selama beberapa hari, atau jika ingin mengikatntya kembali usapkan minyak agar sedikit lebih licin.

#6. Menggunakan aksesori yang salah
Bagi anda yang gemar mencepol rambut, pikirkan kembali keamanan aksesori yang dipakai. Gunakan kawat penjepit berbentuk huruf U, atau satu pin bersar yang kuat.

#7. Menggunakan hair spray terlalu banyak
Anda pasti menyukai benda ini, walaupun jika digunakan berlebihan pasti akan berakibat buruk. Pemakaian hair spray bisa menutupi folikel rambut anda.

#8. Menggunakan conditioner yang salah
Periksa kembali label kemasan conditioner anda. Apakah terdapat kandungan “penguatan" atau "fortifikasi," protein dalam formulanya. Kandungan protein yang sedikit sangat baik untuk memperbaiki helai rambut yang lemah. Sedangkan kalau terlalu banyak protein bisa membuat helai rambut semakin rapuh. Dan sementara sedikit protein sangat bagus untuk beefing helai lemah, terlalu banyak dapat membuat mereka rapuh dari waktu ke waktu. Gunakan conditioner jenis ini seminggu sekali, selebihnya gunakan yang mengandung pelembab.