Gerakan yang Bisa Dicoba dengan Bantuan Yoga Bolster

Gerakan yoga bolster. dok: Tabloidbintang.com

kesehatan

Gerakan yang Bisa Dicoba dengan Bantuan Yoga Bolster

Kamis, 4 April 2019 07:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Yoga salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa gerakan yoga akan lebih maksimal bila menggunakan alat bantu, salah satunya adalah yoga bolster.

Baca juga: 4 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Alat bantu berbentuk bantalan ini cocok bagi pemula yang mencoba berbagai gerakan yoga. Fungsinya untuk menyangga tubuh. Yoga bolster juga ampuh meningkatkan sirkulasi darah jika diletakkan di bawah dada atau bahu. Berikut gerakan yang bisa dilakukan dengan yoga bolster:

1. Locust poseLocust pose (dok. Yoga Journal)Locust pose (dok. Yoga Journal)

Gerakan ini memperkuat sekaligus meregangkan otot bahu, dada, tulang belakang, hingga bokong. Caranya, tidur telungkup di atas bolster yang memanjang dari dada hingga paha Anda. Rentangkan kedua tangan ke depan. Luruskan kedua kaki di lantai. Angkat kepala dan dada semaksimal mungkin. Saat yang sama, turunkan telapak kaki kiri hingga menyentuh lantai dan angkat kaki kanan setinggi pinggul. Lalu, turunkan telapak tangan kanan sampai menyentuh lantai dan angkat lengan kiri hingga sejajar bahu. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. 

Artikel lain: 6 Gerakan Yoga untuk Wanita Bertubuh Plus

2. Wheel pose<strong>Wheel pose(dok. Yoga Journal)</strong>Wheel pose(dok. Yoga Journal)

Mirip gerakan kayang, wheel pose memperkuat otot kaki dan tangan. Awali dengan tidur telentang di atas bolster yang memanjang dari bahu sampai bokong. Posisikan diri Anda dekat dengan dinding (berjarak 20 centimeter). Tekuk kedua kaki menekuk dan buka selebar pinggul. Tekuk siku dan posisikan telapak tangan menempel pada dinding. Arahkan telapak tangan ke atas dan ke samping hingga menemukan posisi yang nyaman. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. 

AURA