Suka Minum Air Es, Waspadai 3 Bahaya Kesehatan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi air dan kesehatan. Shutterstock

Ilustrasi air dan kesehatan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum air es adalah kenikmatan tersendiri saat cuaca sedang panas. Tak hanya saat panas, banyak orang juga suka meminum air es ketika cuaca sedang dingin karena efek yang menyegarkan di tenggorokan.

Namun, meminum air es terlalu sering ternyata dapat menimbulkan berbagai dampak negatif untuk kesehatan. Berikut tiga di antaranya.

Baca juga:
Diet, Dilarang Minum Air Es karena Bikin Gemuk, Betul atau Salah?
Ketahui Manfaat Minum Es untuk Kecantikan dan Kesehatan

#Menimbulkan radang tenggorokan
Radang tenggorokan memang sering dialami banyak orang karena terlalu sering meminum air es. Meminum air es sendiri akan memunculkan lendir pada lapisan kerongkongan dan membuat tenggorokan rentan mengalami infeksi dan radang.

#Mengganggu pencernaan
Selain radang tenggorokan, terlalu sering meminum air es juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Air es yang akan memperlambat proses pencernaan  karena adanya penyempitan  pembuluh darah.

#Nutrisi tidak terserap secara maksimal
Ketika meminum air es, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energi untuk mengatur suhu dan menyesuaikan temperatur tubuh. Padahal, energi itu sangat berguna untuk menyerap nutrisi. Jika energi yang dikeluarkan sudah banyak, maka nutrisi pun tidak akan terserap secara maksimal.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."