Tip Gustika Jusuf Hatta Pilih Buku Bagus: Abaikan Cap Best Seller

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Cucu Wakil Presiden Muhammad Hatta, Gustika Jusuf Hatta 2/Dokumentasi Pribadi

Cucu Wakil Presiden Muhammad Hatta, Gustika Jusuf Hatta 2/Dokumentasi Pribadi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gustika Jusuf Hatta termasuk kolektor buku, hobi yang sama seperti kakeknya, Mohammad Hatta, Wakil Presiden Indonesia pertama. Gustika suka membaca buku non-fiksi, seperti politik dan ekonomi. Dia juga suka jenis buku distopia dan satir.

Baca: Gustika Jusuf Hatta Selalu Bawa Satu Set Kebaya Saat Travelling

"Waktu kecil, aku sering dibacakan buku sama ibu, ayah juga meskipun jarang," kata Gustika Jusuf Hatta saat ditemui di Ruang & Tempo, Jakarta Selatan, Kamis 21 Maret 2019. Di rumah, ibunda Gustika Jusuf Hatta, Halida Hatta, kerap mengatakan rumahnya tenggelam oleh buku. "Sebab ibu dan aku sama-sama suka membaca buku."

Kondisi rak buku di rumah, menurut Gustika Jusuf Hatta, sudah tidak sanggup lagi menampung koleksi bacaan yang ada. "Jadi, ada buku yang kami tumpuk di lantai," ucap perempuan 25 tahun itu.

Lantas bagaimana Gustika memilih buku-buku yang akan dibacanya? Untuk pertanyaan yang satu ini, Gustika tak pelit berbagi tips.

Cucu Wakil Presiden Muhammad Hatta, Gustika Jusuf Hatta 5/Dokumentasi Pribadi

Menurut Gustika Jusuf Hatta, jangan mudah tergoda bahkan abaikan cap best seller saat akan membeli buku. "Dari pengalamanku, kadang cap best seller itu belum tentu yang terbaik. Aku salah satu yang terjebak saat membeli sejumlah buku best seller. Ternyata saat dibaca, buku itu tidak memberikan value, point of view, atau pengalaman baru," kata dia.

Gustika Jusuf Hatta mengatakan akan meninggalkan buku yang alur penulisannya membingungkan. "Aku juga memperhatikan siapa penulisnya," ucap dia. Biasanya setiap penulis sudah punya reputasi dan itu jadi pertimbangan. "Testimoni dan sinopsis yang biasanya ada di belakang buku juga bisa membantu."

Baca juga: Curhat Perawatan Kecantikan Gustika Jusuf Hatta, Serba Minimalis

Bila bingung memilih di antara dua buku dengan topik yang sama, lulusan King’s College London ini terlebih dulu menelusuri daftar isi buku. "Cover buku dan harga juga menjadi pertimbanganku," kata Gustika Jusuf Hatta.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."